News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Virus Corona

Pemerintah Jepang Segera Kirim Bantuan Obat Avigan untuk Indonesia

Editor: Dewi Agustina
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Menteri Luar Negeri Jepang, Toshimitsu Motegi.

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Jepang

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO - Pemerintah Jepang akan memberikan obat pelemah virus Corona, Avigan kepada Indonesia melalui badan internasional yang telah disepakati akan menyumbang satu juta dolar AS bersama 19 negara lainnya.

"Kita masih bicarakan dengan pihak ketiga untuk distribusinya lebih lanjut. Dalam waktu dekat tentu diharapkan sudah bisa dikirimkan kepada 20 negara termasuk Indonesia," ungkap Menteri Luar Negeri Jepang, Toshimitsu Motegi kepada Tribunnews.com, Jumat (17/4/2020).

Avigan yang juga terkenal dengan nama Favipiravir, dikembangkan oleh anak usaha Fujifilm Holdings Corp., Fujifilm Toyama Chemical Co.Ltd.

Produksi saat ini sekitar 100.000 obat dan September mendatang tiga kali lipat menjadi 300.000 obat sesuai permintaan PM Jepang baru-baru ini untuk melipatgandakan obat tersebut untuk dunia.

"Saat ini obat tersebut masih dalam uji klinis yang serius dan meminta kerja sama negara lain juga untuk ikut bekerjasama berpartisipasi dalam uji klinis tersebut guna menyempurnakan Avigan lebih lanjut," ujar Menteri Toshimitsu Motegi.

"Obat Avigan ini dilarang digunakan untuk ibu hamil," ungkap PM Jepang Shinzo Abe, 7 April lalu.

Baca: Dukung Trump, Partai Republik AS Serukan Dirjen WHO Mundur

Menlu Jepang juga mengakui sedang menyiapkan segala sesuatunya untuk pengiriman Avigan tersebut ke berbagai negara, namun berbagai tindak lanjut harus dilakukan dengan hati-hati karena ini menyangkut obat-obatan.

"Diharapkan bisa dikirimkan dalam waktu cepat setelah semua prosedur diselesaikan dengan baik termasuk bidang medis," ungkapnya.

Diskusi mengenai Jepang dalam WAG Pecinta Jepang terbuka bagi siapa pun. Kirimkan email dengan nama jelas dan alamat serta nomor whatsapp ke: info@jepang.com

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini