News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Militer Belarusia Gelar Latihan Perang Besar Dekat Perbatasan Polandia

Editor: Setya Krisna Sumarga
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Tank T-72 saat latihan tempur di suatu tempat di Belarusia

TRIBUNNEWS.COM, MINKS – Belarusia akan menggelar latihan militer besar-besaran di perbatasan negara itu dengan Polandia.

Latihan akan fokus pada sistem pertahanan udara, di tengah aksi protes oposisi atas hasil Pilpres Belarusia yang memenagkan Alexander Lukhasenko.

Menurut siaran pers Kementerian Pertahanan Belarusia, latihan, yang juga akan melibatkan pasukan artileri dan rudal, akan berlangsung di wilayah barat Grodno dari 17 hingga 20 Agustus 2020.

Lokasi latihan di dekat kota Astravyets, tidak jauh dari pembangkit listrik tenaga nuklir baru negara itu, yang sedang dibangun bekerja sama dengan Rusia.

Polandia telah meningkatkan kehadiran pasukan AS, pindahan dari Jerman. Militer AS ditempatkan di perbatasan Polandia dengan wilayah eks Soviet.

Masih menurut Kemenhan Belarusia, dikutip Russia Today  dan Al Jazeera, tiga resimen pertahanan udara telah dikirim ke wilayah setempat.

Unit tersebut sudah menjaga wilayah udara perbatasan nasional Belarusia sejak lama. Pasukan lintas udara dan unit tank juga akan mengambil bagian dalam latihan tersebut.

 “Kami tidak bisa hanya mengamati dengan tenang apa yang terjadi di wilayah ini. Militer kami juga mengkhawatirkan masalah ini, "kata Lukashenko akhir pekan lalu.

NATO menepis kekhawatiran Lukashenko tentang penumpukan militer di dekat perbatasan. Seorang juru bicara NATO mengatakan kehadiran pasukan multinasional di wilayah tersebut bukan ancaman.

Pasukan sekutu NATO disebutnya sangat defensif, proporsional, dan dirancang untuk mencegah konflik. dan menjaga perdamaian.

Aksi unjuk rasa di Belarusia telah berlangsung seminggu. Sejumlah orang meninggal sepanjang bentrok antara demonstran dan aparat keamanan.

Lawan Lukhashenko di Pilpres, pemimpin oposisi Svetlana Tikhanovskaya telah meninggalkan Minks. Ia sekarang di Vilnius, ibukota Lithuania.

Kelompok oposisi menuntut pembatalan hasil Pemilu, dan meminta pemungutan suara ulang. Tuntutan oposisi ini didukung sejumlah negara barat.  

Menghadapi penolakan dan ancaman perpecahan ini, Presiden Belarusia Alexander Lukashenko mengatakan Presiden Rusia, Vladimir Putin, setuju membantu Belarusia memastikan keamanan negara.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini