News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Shinzo Abe Jadi Perdana Menteri Terlama dalam Sejarah Jepang, Sudah Memimpin 2.799 Hari

Editor: Dewi Agustina
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Urutan Perdana Menteri Jepang yang berkuasa paling lama dalam sejarah pemerintahan Jepang.

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Jepang

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO - Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe, Senin (24/8/2020) hari ini tercatat sebagai Perdana Menteri terlama dalam sejarah Jepang, mencapai 2.799 hari.

Sedangkan urutan kedua, 2.798 hari dipegang oleh mantan PM, Eisaku Sato.

Perdana Menteri Abe mempromosikan "Abenomics" untuk melepaskan diri dari deflasi dengan "revitalisasi ekonomi" sebagai prioritas utama, dan harga rata-rata saham Nikkei, yang telah jatuh di bawah 10.000 yen, sempat pulih ke level 20.000 yen.

Namun, karena penurunan konsumsi pribadi akibat penyebaran virus corona, PDB (Produk Domestik Bruto) dari April hingga Juni menjadi penurunan terbesar setelah Lehman Shock, dan ekonomi terpukul keras dengan penurunan PDB minus 27,8 persen (April-Juni 2020).

Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe setelah konferensi pers di kediaman resmi perdana menteri di Tokyo pada 17 April 2020. (Kiyoshi Ota / POOL / AFP)

Masa jabatan Perdana Menteri Abe sebagai presiden LDP akan berakhir sampai akhir September 2021 yang berarti masih satu tahun lagi.

Dalam pemerintahan masa depan, tantangannya adalah membangun kembali ekonomi sambil menekan penyebaran virus corona baru, dan menyelenggarakan Olimpiade dan Paralimpiade Tokyo, yang ditunda menjadi tanggal 24 Juli 2021 mendatang.

Selain itu, juga perlu memiliki kondisi fisik yang baik sambil membicarakan masalah kesehatan.

Akhir bulan September, masa jabatan eksekutif partai liberal demokrat (LDP) akan berakhir. Hal ini juga akan menjadi kemungkinan perubahan kabinet Jepang pula.

Baca: BREAKING NEWS: PM Jepang Shinzo Abe Masuk Rumah Sakit Lagi

Sidang Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa akan berlangsung di New York akhir bulan ini.

Untuk mencegah penyebaran infeksi virus Corona baru, video pidato pemimpin direkam sebelumnya sehingga SU PBB kali ini akan tanpa pemimpin.

Di sisi lain, dalam sesi Diet yang luar biasa, pihak oposisi menyerukan pertemuan lebih awal, tetapi partai yang berkuasa tidak mau menanggapi, dan ada pandangan yang berkembang bahwa pertemuan itu akan diadakan setelah Oktober.

KTT G20 dijadwalkan di Arab Saudi pada tanggal 21 dan 22 November 2020 setelah pemilu Presiden AS tanggal 3 November 2020.

PM Jepang Shinzo Abe dalam rapat anggaran parlemen, Senin (11/5/2020). (Koresponden Tribunnews.com/Richard Susilo)

Lalu sesi Diet (parlemen) rutin akan diadakan pada bulan Januari 2021.

Dan pada bulan Juli, Olimpiade Tokyo rencana akan dibuka.

Pada akhir September, masa jabatan Perdana Menteri Abe sebagai presiden LDP berakhir, dan pada 21 Oktober 2021 masa jabatan anggota DPR akan berakhir.

Sementara itu Buku "Rahasia Ninja di Jepang", pertama di dunia cerita non-fiksi kehidupan Ninja di Jepang dalam bahasa Indonesia, akan terbit 1 September 2020, silakan tanyakan ke: info@ninjaindonesia.com

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini