News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Presiden Iran Hassan Rouhani Peringatkan Perang Nagorno-Karabakh Bisa Jadi Konflik Regional  

Editor: Setya Krisna Sumarga
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Tank Armenia bergerak di perbatasan Nagono-Karabakh mengantisipasi serangan pasukan Azerbaijan.

TRIBUNNEWS.COM, TEHERAN – Pemerintah Iran menyatakan tidak dapat mentolerir pelibatan petempur sipil Suriah ke wilayah Nagorno-Karabakh yang disengketakan.

Pertempuran terus berlangsung antara Azerbaijan yang didukung militer Turki, dan Armenia. Konflik itu  dikhawatirkan mempengaruhi perbatasan Iran, dan dapat berkembang menjadi konflik regional.

Peringatan disampaikan Presiden Iran Hassan Rouhani, Rabu (7/10/2020).  Iran kini berusaha fokus memastikan keamanan kota dan desa Iran yang berada dalam jangkauan peluru nyasar atau roket yang datang dari zona konflik Nagorno-Karabakh.

Sebelumnya, Presiden Suriah Bashar Assad mengatakan 'sangat mungkin' Turki mengangkut militan Suriah untuk bertempur dalam konflik Nagorno-Karabakh.

Baca: Armenia vs Azerbaijan: Bentrokan Sengit di Nagarno-Karabakh, Pasukan Armenia Hancurkan Kota Ganja

Baca: Bukan Cuma Armenia-Azerbaijan yang Berperang, Pasukan Asing Juga Ikut Terlibat, dari Mana Mereka?

Baca: Campur Tangan Militer Turki dan Nasib Armenia di Kantong Azerbaijan

Permusuhan yang melibatkan Armenia dan pasukan Nagorno-Karabakh yang diperebutkan di satu sisi, dan Azerbaijan di sisi lain, telah berlangsung relatif dekat di perbatasan Iran-Azerbaijan-Armenia.

Karena itu Teheran terus mengikuti perkembangan di lapangan, dan berusaha meyakinkan perang ini tidak berubah menjadi perang regional dan tidak akan menyebar lebih jauh.

Sebelumnya, peluru mortir nyasar telah melukai seorang anak dan merusak beberapa bangunan di pedesaan Iran utara, dekat perbatasan dengan Azerbaijan.

Menguraikan kekhawatiran negaranya, Rouhani menekankan tidak bisa menerima orang-orang tertentu ingin memindahkan teroris dari Suriah dan tempat lain ke wilayah (Kaukasus Selatan), dekat perbatasan Iran.

Presiden Iran tidak mengklarifikasi negara mana yang memperoleh tenaga tambahan dari Suriah yang dilanda konflik, tetapi mengatakan pesan ini disampaikan kepada Yerevan dan Baku.

Sementara itu, Iran, yang berbagi hampir 470 mil (760 km) dari perbatasan dengan Azerbaijan dan perbatasan pendek dengan Armenia, mengumumkan mereka sedang mengembangkan rencana perdamaian untuk Nagorno-Karabakh.

Juru bicara kementerian luar negeri Saeed Khatibzadeh tidak merinci rinciannya tetapi mengatakan semua negara kawasan akan terlibat.

Spekulasi tentang "tentara bayaran Suriah" berbondong-bondong ke Nagorno-Karabakh semarak sejak konflik meletus pada 27 September.

Selasa malam, Sergey Naryshkin, Kepala Badan Intelijen Luar Negeri (SVR) Rusia, mengatakan tentara bayaran dari organisasi teroris internasional yang bertempur di Timur Tengah setara dengan kelompok ekstremis Kurdi.

Sekali lagi, dia juga berhenti memilih sisi tertentu yang diuntungkan dari tentara asing. Presiden Suriah Bashar Assad lebih lugas, dan secara langsung menuduh Turki menyalurkan teroris Suriah ke Nagorno-Karabakh.

Erdogan menurut Assad, juga menghasut permusuhan baru. Emmanuel Macron dari Prancis juga menyuarakan klaim serupa, mengutip informasi yang dapat dipercaya.

Azerbaijan dan Turki, yang sangat memihak sekutu Kaukasia yang berbahasa Turki, secara konsisten membantah tuduhan menggunakan tentara bayaran Suriah di daerah kantong yang dilanda perang.

Baku menjuluki klaim-klaim itu omong kosong, dan propaganda politik murahan. Pasukan Azerbaijan dianggap cukup kuat dan tidak membutuhkan bantuan pihak ketiga dari Ankara.

Pada gilirannya, dinas keamanan Azerbaijan mengklaim telah menyadap komunikasi radio Kurdi Suriah dan Irak yang mendukung upaya perang Armenia di Nagorno-Karabakh.

Sebuah partai Kurdi yang berbasis di Suriah telah menolak laporan itu. Mereka mengatakan kepada media Rusia, Kurdi sudah muak dengan masalah mereka sendiri.(Tribunnews.com/RussiaToday/Sputniknews/xna)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini