News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Virus Corona

Wabah Covid-19 Muncul Lagi di China, Pemerintah Berencana Menguji 9 Juta Penduduk Kota Qingdao

Editor: Dewi Agustina
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

ILUSTRASI VAKSIN: Vaksin Sinovac Biotech, salah satu dari 11 perusahaan China yang disetujui untuk melakukan uji klinis vaksin virus corona potensial, ditampilkan pada konferensi pers selama tur media di sebuah pabrik di Beijing pada 24 September 2020 .

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Setelah sempat mereda, kini muncul lagi penyebaran kecil wabah Virus Corona di China. Lantaran penyebaran wabah itu lagi, China berencana menguji lebih dari 9 juta penduduk kota pelabuhan Qingdao dalam lima hari ke depan.

Keterangan itu disampaikan pejabat kesehatan pada Senin (12/10/2020) dan merupakan pengujian massal pertama dalam beberapa bulan.

Enam kasus Covid-19 dikonfirmasi ditemukan di Qingdao yang berpenduduk 9,4 juta hari Minggu kemarin. Kasus-kasus itu berasal dari rumah sakit.

Lima distrik akan diuji dalam tiga hari, dan semua penduduk kota dites dalam lima hari.

Namun, para pejabat kesehatan tidak memberikan angka pasti berapa orang yang akan dites.

Diberitakan AFP, China memiliki kemampuan tes cepat dan ekstensif.

Komisi Kesehatan mengatakan, lebih dari 140.000 karyawan institusi medis, pasien, dan personal yang baru dirawat sudah dites di Qingdao sejak kasus-kasus itu dikonfirmasi muncul.

Baca juga: Muncul Lagi Virus Baru di China, Namanya Norovirus, 70 Orang Jadi Korban

Sebelumnya pada Juni sebagian besar wilayah ibu kota Beijing menggelar tes massal, setelah kota berpenduduk lebih dari 20 juta itu mendeteksi kasus virus corona yang terkait dengan pasar makanan.

"Negeri Panda" kini telah bangkit sejak virus bernama resmi SARS-CoV-2 itu muncul akhir tahun lalu, yang membuat salah satu negara poros perekonomian dunia itu harus lockdown.

Ratusan juta orang bepergian ke seluruh China dalam liburan Golden Week pekan lalu, sementara cepatnya tes dan lockdown berkontribusi menekan munculnya wabah Covid-19 gelombang kedua.

China juga sangat berambisi menjadi yang pertama menghasilkan vaksin corona.

Beberapa perusahaan kini sudah memasuki uji coba tahap akhir.

Meski belum terbukti manjur, vaksin telah disuntikkan ke ratusan ribu pekerja dan tentara.

Pusat Vaksin

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini