News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Unjuk Rasa Anti Pemerintah Thailand: Keadaan Darurat Diberlakukan

Penulis: Andari Wulan Nugrahani
Editor: Citra Agusta Putri Anastasia
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Demo Thailand.

TRIBUNNEWS.COM - Unjuk rasa anti pemerintah Thailand telah berlangsung sekira tiga bulan.

Demo yang dipimpin mahasiswa itu menyerukan reformasi monarki dan pengunduran diri Perdana Menteri Prayuth Chan-ocha.

Sedikitnya 20 aktivis dan dua pemimpin gerakan tergabung dalam aksi tersebut.

Mengutip Al Jazeera, pemerintah memberlakukan keadaan darurat dalam upaya mengakhiri tiga bulan protes jalanan tersebut.

Protes meluas dalam tiga bulan ini.

Para pengunjuk rasa bahkan mendirikan kemah di luar kantor Perdana Menteri Prayuth Chan-ocha di Ibu Kota Bangkok untuk menuntut pengunduran dirinya pada Rabu malam.

Baca juga: Produk Makanan dan Minuman asal Thailand Penetrasi Pasar Melalui E-commerce Indonesia

Baca juga: PP PBSI Ogah Kirim Pebulutangkis ke Denmark Mending Tampil di Thailand Open saja

Raja Thailand, Maha Vajiralongkorn atau Raja Rama X duduk di singgasana bersama Ratu Suthida sementara Sineenat Wongvajirapakdi merangkak saat prosesi penobatan selir. (foxnews) (Foxnews)

Pemerintah mengatakan, pihaknya segera bertindak setelah pengunjuk rasa dilaporkan menghalangi iring-iringan mobil kerajaan.

Video yang tersebar secara luas di media sosial menunjukkan polisi melindungi kendaraan bangsawan warna kuning dari kerumunan orang.

Kerumunan tersebut terlihat mengangkat tangan mereka tinggi-tinggi sebagai penghormatan tiga jari, yaitu simbol gerakan demokrasi dan meneriakkan tuntutan mereka.

Baca juga: Terungkap Cara Bikin Ketan Mangga Legit dan Manis Ala Thailand, Ternyata Gampang Banget

"Sangat penting memperkenalkan tindakan mendesak untuk mengakhiri situasi ini dan menjaga perdamaian dan ketertiban," lapor TV pemerintah.

Pengumuman keadaan darurat itu disertai dengan dokumen yang menetapkan langkah-langkah yang berlaku mulai pukul 04.00 waktu setempat.

Dalam putusan tersebut, pertemuan besar, lima orang atau lebih dilarang dan publikasi berita atau pesan daring diklaim dapat membahayakan keamanan nasional.

Tak lama kemudian, polisi membersihkan pengunjuk rasa yang tersisa dari luar Gedung Pemerintah tempat mereka berkemah semalaman.

Baca juga: Maskapai Penerbangan Thailand Ini Bangkrut, Banting Setir Jualan Gorengan

Baca juga: Terbukti Pakai Orang Dalam, Chayathanus Saradatta, Miss Universe Thailand Favorit Langsung Dipecat

Demo Thailand - Video yang tersebar secara luas di media sosial menunjukkan polisi melindungi kendaraan bangsawan warna kuning dari kerumunan orang. Kerumunan tersebut terlihat mengangkat tangan mereka tinggi-tinggi sebagai penghormatan tiga jari, yaitu simbol gerakan demokrasi dan meneriakkan tuntutan mereka. (iBoate)

Pihak berwenang juga menangkap dua pemimpin protes, Arnon Nampa dan Panupong, kata kelompok Pengacara Hak Asasi Manusia Thailand.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini