News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Profil Giuseppe Conte, Perdana Menteri Italia Pertama Tanpa Jabatan Politik

Penulis: Andari Wulan Nugrahani
Editor: Citra Agusta Putri Anastasia
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Perdana Menteri Italia, Giuseppe Conte, memberi isyarat saat dia menjawab pertanyaan menjelang mosi percaya di Senat pada 19 Januari 2021 di Palazzo Madama di Roma, 19 Januari 2021.

TRIBUNNEWS.COM - Perdana Menteri Italia, Giuseppe Conte, dikabarkan akan mengundurkan diri pada Selasa (26/1/2021) waktu setempat.

Berdasarkan informasi narasumber senior di pemerintah, PM yang menjabat sejak Juni 2018 itu berharap Presiden Sergio Mattarella akan memberikan mandat untuk membentuk pemerintahan baru dengan dukungan yang lebih luas di parlemen.

Baca juga: PM Italia Giuseppe Conte akan Mengundurkan Diri dari Jabatannya

Baca juga: PM Giuseppe Conte Menghadapi Kritik setelah Lockdown Italia Mulai Dibuka

PM Giuseppe Conte. Perdana Menteri Italia Giuseppe Conte dikabarkan akan mengundurkan diri pada Selasa (26/1/2021) waktu setempat, ini profilnya. (CNN)

Brikut ini Tribunnews rangkum profil Giuseppe Conte dari berbagai sumber:

Giuseppe Conte adalah seorang profersor, ahli hukum, pengacara dan politikus dari Universitas Italia.

Dikutip dari laman pantheon, Conte menghabiskan sebagian besar kariernya sebagai profesor hukum dan juga anggota Biro Peradilan Administrasif Italia dari 2013 hingga 2018.

Conte menjabat sebagai Perdana Menteri Italia sejak 1 Juni 2018.

Setelah pemilihan umum 2018, Conte diusulkan sebagai pemimpin independen pemerintah koalisi antara Five Star Movement (M5S) dan League.

Setelah kedua belah pihak menyetujui program pemerintah, Conte dilantik sebagai Perdana Menteri pada 1 Juni oleh Presiden Sergio Mattarella.

Baca juga: PM Giuseppe Conte Umumkan Italia Tetap Lockdown hingga 3 Mei 2020

Perdana Menteri Italia Giuseppe Conte yang mengenakan masker tiba menjelang pertemuan dua hari Uni Eropa (UE) di Gedung Dewan Eropa di Brussel, pada 15 Oktober 2020. (Olivier HOSLET / POOL / AFP)

Karir di Dunia Akademis

Melansir dw.com, sebelum menjabat sebagai PM Italia, Conte adalah profesor hukum privasi di Florence University, dengan tugas mengajar sebelumnya di Yale, Cambridge, dan Sorbonne.

Ia juga menjabat sebagai dewan beberapa badan akademik dan telah mengikuti konferensi tentang masalah peradilan yang diselenggarakan oleh M5S.

Baca juga: PM Giuseppe Conte Umumkan Italia Tetap Lockdown hingga 3 Mei 2020

Perdana Menteri Italia, Giuseppe Conte. Perdana Menteri Italia Giuseppe Conte dikabarkan akan mengundurkan diri pada Selasa (26/1/2021) waktu setempat, ini profilnya. (channelnewsasia.com)

Perdana Menteri Italia Pertama Tanpa Jabatan Politik

Conte menjadi Perdana Menteri Italia pertama tanpa jabatan politik.

Perdana Menteri sebelumnya yang tidak memiliki jabatan publik yakni Silvio Berlusconi pada 1994.

Halaman
123
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini