News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

CEO Amazon.com Jeff Bezos akan Mundur dari Jabatannya Akhir Tahun Ini

Penulis: Andari Wulan Nugrahani
Editor: Tiara Shelavie
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

CEO Amazon Jeff Bezos memperkenalkan tablet Kindle Fire baru di New York, pada 28 September 2011. Terbaru, CEO Amazon.com Jeff Bezos akan Mundur dari Jabatannya Akhir Tahun Ini

TRIBUNNEWS.COM - Jeff Bezos, CEO ritel terbesar Amerika Amazon.com akan mengundurkan diri dari jabatannya akhir tahun ini.

Setelah mundur dari posisi CEO, Jeff Bezos akan menduduki jabatan sebagai Ketua Eksekutif Amazon.com.

Dalam sebuah pernyataan yang dibagikan perusahaan pada Selasa (2/2/2021) menyebutkan, Jef Bezos akan digantikan oleh Andy Jassy, yang saat ini menjalankan bisnis cloud Amazon.

"Saat ini saya melihat Amazon dalam kondisi paling inventifnya, menjadikannya waktu yang optimal untuk transisi ini," ungkap Jeff Bezos.

Baca juga: Profil Pengusaha Amerika Jeff Bezos, CEO dan Founder Amazon.com

CEO Amazon Jeff Bezos memperkenalkan tablet Kindle Fire baru di New York, pada 28 September 2011. Terbaru, CEO Amazon.com Jeff Bezos akan Mundur dari Jabatannya Akhir Tahun Ini (EMMANUEL DUNAND / AFP)

Mengutip Al Jazeera, Bezos mendirikan Amazon sebagai toko buku online 27 tahun lalu dan mengubahnya menjadi raksasa yang menjual hampir semua hal.

Dalam proses bisnisnya, Jeff Bezos menjadi satu di antara orang terkaya di dunia, Forbes memperkirakan kekayaan bersihnya saat ini lebih dari 196,2 miliar dolar Amerika.

Baca juga: Elon Musk jadi Orang Terkaya di Dunia, Geser Jeff Bezos dan Kekayaan Mencapai Rp 2.601 Triliun

Amazon Hadapi Kritik

Belakangan ini, Amazon kerap menghadapi kritik karena kondisi kerja di gudangnya.

Kelompok hak asasi manusia mendesak Amazon untuk memastikan keselamatan pekerja dilindungi.

Meski demikian, perusahaan telah mencatatkan rekor keuntungan sejak dimulainya wabah virus corona.

Baca juga: Perjalanan Karier Jeff Bezos, 27 Tahun Membesarkan Amazon sebelum Akhirnya Mengundurkan Diri

CEO Amazon Jeff Bezos. Jeff Bezos, CEO ritel terbesar Amerika Amazon.com akan mengundurkan diri dari jabatannya akhir tahun ini. (Sputnik News)

Penjualan Amazon Naik

Selama pandemi, konsumen beralih ke Amazon untuk pengiriman bahan pokok rumah dan persediaan medis karena toko-toko batu bata dan mortir tutup karena pembatasan kesehatan masyarakat.

Menurut data IBES dari Refinitiv, penjualan bersih untuk Amazon naik menjadi 125,56 miliar dolar Amerika dari 87,44 miliar dolar Amerika pada kuartal keempat tahun lalu, yang berakhir pada 31 Desember 2020.

Dalam memo kepada karyawan yang diposting di situs web Amazon pada Selasa (2/2/2021), Bezos mengatakan dia bermaksud untuk tetap terlibat dalam inisiatif penting Amazon.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini