News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Melihat Kondisi Kawasan Pembangkit Nuklir Daiichi Fukushima Jepang Pasca 10 Tahun Diguncang Gempa

Editor: Dewi Agustina
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Kawasan pembangkit nuklir Daiichi di Fukushima.

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Jepang

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO - Kamis (11/3/2021) mendatang tepat 10 tahun gempa besar Jepang Timur bersamaan dengan meledaknya pembangkit nuklir Fukushima terutama reaktor Daiichi.

"Sudah 10 tahun sejak kecelakaan di Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Fukushima Daiichi dari Perusahaan Tenaga Listrik Tokyo (Tepco) setelah Gempa Bumi Besar Jepang Timur. Sementara kemajuan telah dibuat seperti mengurangi jumlah air yang tercemar secara radioaktif, pembuangan bahan bakar nuklir yang meleleh (puing-puing) hampir tidak tersentuh," ungkap sumber Tribunnews.com, Sabtu (6/3/2021).

Menurut jadwal yang ada dari Daiichi Tepco, diperlukan waktu 20 hingga 30 tahun lagi untuk menyelesaikan penonaktifan tersebut.

Di Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Fukushima Daiichi, selain injeksi air untuk mendinginkan puing-puing, air tanah dan air hujan mengalir ke dalam gedung, menyebabkan air yang terkontaminasi setiap hari.

Pada Mei 2014 sebanyak 540 ton per hari. Tepco memasang sumur "sub-drain" di dekat gedung untuk memompa air tanah, dan mengambil tindakan seperti "dinding permafrost yang tidak tembus air" untuk membekukan tanah di sekitarnya, mengurangi jumlah air tercemar yang dihasilkan menjadi 140 ton dalam 20 tahun.

Tidak ada orang di kota Namie Fukushima setelah ledakan nuklir di Fukushima 11 Maret 2011 (Foto Onishi)

Lingkungan kerja telah meningkat secara signifikan dalam 10 tahun terakhir.

Karena bahan radioaktif yang tersebar, masker skala penuh dan pakaian pelindung diperlukan di seluruh lokasi, tetapi tindakan seperti pengupasan tanah permukaan yang terkontaminasi telah memungkinkan untuk bekerja dengan peralatan ringan di 96 persen lokasi.

Penghapusan bahan bakar nuklir yang tersisa di kolam bahan bakar gedung juga telah mengalami kemajuan, dan Unit 4 selesai pada bulan Desember 2014.

Pengerjaan Unit 3, yang menyebabkan kerusakan inti, selesai pada Februari tahun ini.

Baca juga: Seleksi Penerimaan Pegawai Ketat, Tak Mungkin Yakuza Bekerja di Pembangkit Reaktor Fukushima Jepang

Baca juga: Jalur Shinkansen Jepang Dibuka Lagi 9 Hari Pasca Gempa di Fukushima

"Pengaruh pandemi corona juga ada sehingga 5 orang karyawan terkena positif Corona di sana," ungkap Akira Ono, Chief Decommissioning Officer (CDO), President Fukushima Daiichi Decontamination and Decommissioning Engineering Company, Tokyo Electric Power Company Holdings (TEPCO HD) khusus kepada Tribunnews.com, Kamis (4/3/2021).

Di sisi lain, yang terus meningkat di tempat adalah "air olahan" yang telah dimurnikan dari air yang terkontaminasi.

Lebih dari 1.000 tangki penyimpanan berbaris di sisi selatan situs, dan hingga Februari, 1,24 juta ton telah terakumulasi.

Pembuangan puing-puing ditunda dalam tahun yang direncanakan karena epidemi virus corona yang memengaruhi pengembangan tenaga kerja.

Longsoran di jalan bebas hambatan Joban di Soma Fukushima, Jepang sedang diperbaiki. (Koresponden Tribunnews.com/Richard Susilo)

"Sejauh ini, kami telah mengambil puing-puing untuk Unit 2 dan 3. Pada Februari 2019, dipastikan Unit 2 dapat disentuh dan dipindahkan menggunakan peralatan penelitian."

"Namun masih banyak hal yang belum jelas tentang sifat dan kondisi puing-puing, yang terhalang oleh tingkat radiasi yang tinggi," ungkap sumber itu.

Setelah gempa bumi dengan intensitas seismik maksimum lebih dari 6 yang terjadi di lepas pantai Prefektur Fukushima pada 13 Februari 2021, beruntung tidak mempengaruhi lokasi reaktor tersebut, dan permukaan air di kapal penahanan Unit 1 dan 3 juga sempat turun.

"Meskipun demikian area yang rusak mungkin telah menyebar, dan tetap tidak stabil dalam 10 tahun ini setelah kecelakaan," ungkap sumber itu.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini