News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

WNI Sandera ASG Ceritakan Kronologi Penyanderaan, Kabur Karena Kapal Terbalik Dihantam Ombak

Penulis: Larasati Dyah Utami
Editor: Hendra Gunawan
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Ilustrasi korban penculikan Abu sayyaf

Laporan Wartawan Tribunnews, Larasati Dyah Utami

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -- Kementerian Luar Negeri Indonesia (Kemlu RI) menyerah terimakan 4 ABK WNI sandera Abu Sayyaf Group (ASG) kepada keluarga yang dilakukan langsung oleh Menlu Retno Marsudi di kantor Kemlu, Jakarta, Senin (5/4/2021).

Lepas dari penyanderaan Kelompok Abu Sayyaf membuat Arizal, salah satu korban sandera yang berhasil dibebaskan tak henti-hentinya mengucapkan syukur karena mengira tak akan bisa kembali ke keluarga.

“Alhamdulillah bisa berkumpul lagi bersama keluarga, bisa lebaran lagi sama keluarga, dikira ga bisa lebaran lagi bersama keluarga,” kata Arizal saat di wawancara media, Senin (5/4/2021).

Baca juga: TNI Bantu Selamatkan dan Pulangkan 4 WNI Korban Penculikan Abu Sayyaf, 3 Asal Wakatobi Sulteng

Arizal menceritakan kronologi bagaimana ia dan 4 orang lainnya bisa disandera kelompok ASG saat berlayar mencari ikan.

Pada tanggal 15 Januari 2020 tepat jam 7 malam, ia dan rekannya baru akan menarik pukat, ketika tiba-tiba 5 orang ASG naik ke kapal mereka.

Baca juga: Polisi Filipina Selamatkan 3 WNI yang Diculik Abu Sayyaf 

Ia dan rekan nelayan lainya sempat berhamburan, namun ASG meminta mereka gak lari dan mengumpulkan para ABK WNI itu di dek kapal sebelum membawa mereka ke daerah Sulu.

“Kami dikumpulkan di depan kapal. Mereka semua ada 7 orang, 5 orang naik ke kapal kami, 2 orang menunggu di boat. Jam 8 malam kami dibawa ke Pulau Setangkai daerah Sulu, tiba disana jam 3 subuh,” katanya.

Arizal bercerita kehidupan ia dan sandera lainnya sangat sengsara karena diliputi rasa cemas dan khawatir akan serangan bom dan lainnya.

Baca juga: Satu WNI Sandera Abu Sayyaf Tewas Saat Terjadi Kontak Senjata

Bahkan terkadang ia maupun sandera lainnya tidak makan selama 2 hingga 3 hari, walaupun ia mengaku tidak ada penyiksaan yang dilakukan ASG.

“Kehidupan tidak terjamin, takut kenapa-kenapa. Kalo penyiksaan memang tidak ada penyiksaan apa-apa,” ujarnya.

Arizal bercerita ia dan rekan lainya berhasil bebas karena kapal mereka terbalik dihantam ombak. Hal itu menjadi kesempatan bagi ia dan rekannya yang lain melarikan diri.

“Kami mendengar kalo akan dipindahkan ke Pulau Tawi-Tawi oleh personel pusat ASG. Berangkat dari Mainbung jam 11 malam, perjalanan menuju Tawi-Tawi,” kata Arizal.

“Jam 9 pagi kapal kami terbalik dihantam ombak. Terbaliknya kapal jadi kesempatan bagi kami menyelamatkan diri masing-masing,” lanjutnya.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini