News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Sistem Bank Mizuho Jepang Kerap Alami Gangguan, Chairman Koji Fujiwara Mengundurkan Diri Akhir Juni

Editor: Dewi Agustina
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Chairman Mizuho Bank, Koji Fujiwara.

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Jepang

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO - Chairman Mizuho Bank, Koji Fujiwara (59) akan mengundurkan diri sebagai bentuk pertanggungjawabannya atas serangkaian gangguan sistem yang melanda bank Jepang tahun ini.

Pada bulan Februari 2021, Mizuho Bank mengatakan Fujiwara (59) akan menjadi Chairman pada 1 April 2021, sebuah rencana yang telah ditunda karena empat kegagalan sistem yang dihadapinya sejak akhir Februari 2021.

"Namun kini karena terbukti adanya kegagalan sistem di dalam bank Mizuho, Fujiwara bertanggungjawab terhadap masalah itu dan akan mengundurkan diri dari jabatan Chairman," ungkap sumber Tribunnews.com, Jumat (11/6/2021).

Managing Executive Officer, Masahiko Kato (56), akan menggantikan Fujiwara sebagai Chairman Mizuho Bank.

Sebuah komite independen yang ditugaskan untuk menyelidiki penyebab gangguan tersebut kemungkinan akan merilis laporan paling cepat minggu depan.

Badan Jasa Keuangan berencana untuk mengeluarkan perintah peningkatan bisnis ke unit Mizuho Financial Group Inc setelah meninjau laporan tersebut.

Baca juga: Bank Mizuho Jepang Sebulan Empat Kali Error, Presiden Koji Fujiwara Minta Maaf

Presiden dan CEO Grup Mizuho Financial Group Tatsufumi Sakai (61), diperkirakan akan menerima perintah (sebagai bagian dari tanggungjawab kesalahan sistem) pemotongan gaji yang tajam sebagai tindakan disiplin.

Kemudian Wakil Presiden Satoshi Ishii (57) kemungkinan akan berhenti sebagai kepala petugas informasi.

Secara khusus, karena kegagalan pada 28 Februari, sekitar 4.300 mesin, yang merupakan 80 persen dari mesin anjungan tunai mandiri (ATM), berhenti bekerja.

Ada sekitar 5.200 kasus pengambilan kartu dan buku tabungan, dan banyak nasabah yang harus menunggu lama di depan ATM.

Mizuho Bank juga mengalami kegagalan sistem skala besar pada tahun 2002 dan 2011.

Sementara itu beasiswa dan upaya belajar bahasa Jepang yang lebih efektif melalui aplikasi zoom terus dilakukan bagi warga Indonesia secara aktif dengan target belajar ke sekolah di Jepang. Info lengkap silakan email: info@sekolah.biz dengan subject: Belajar bahasa Jepang.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini