News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Konflik Rusia Vs Ukraina

Kemlu RI Siapkan Rencana Kontijensi Evakuasi WNI dari Ukraina

Penulis: Larasati Dyah Utami
Editor: Hasanudin Aco
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Peralatan militer oleh Angkatan Darat AS yang diangkut dari Jerman ke Rumania digambarkan di dalam pangkalan militer, pada 10 Februari 2022, di Ramnicu Valcea, Rumania. - Presiden AS Joe Biden mengumumkan pekan lalu bahwa ia mengirim 1.000 tentara ke Rumania dan 2.000 ke Polandia, karena Rusia menolak untuk menarik kembali pasukan yang ditempatkan di perbatasan Ukraina. (Photo by Andrei PUNGOVSCHI / AFP)

Laporan Wartawan Tribunnews, Larasati Dyah Utami

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Pemerintah menyiapkan rencana kontijensi untuk mengevakuasi warga negara Indonesia (WNI) yang ada di Ukraina.

Langkah itu dilakukan untuk mengantisipasi situasi di negara tersebut.

Sebagaimana diketahui situasi di perbatasan Ukraina semakin memanas usai Rusia menempatkan kurang lebih 100 ribu tentara di wilayah tersebut.

Direktur Perlindungan WNI Kementerian Luar Negeri, Judha Nugraha, menjelaskan bahwa rencana kontijensi merupakan standar yang wajib dimiliki seluruh perwakilan Indonesia yang ada di luar negeri, termasuk kedutaan Indonesia yang ada di Ukraina (KBRI Kiev).

Baca juga: Ancaman Perang Rusia-Ukraina Bikin Harga Minyak Naik ke 100 Dolar AS

Dalam hal ini, Kementerian Luar Negeri bekerja sama dengan KBRI Kiev, KBRI KBRI Warsawa, KBRI Moskow, serta kementerian lembaga terkait di dalam negeri telah membangun rencana kontinjensi untuk mengantisipasi jika terjadi eskalasi situasi di Ukraina

“Kami sampaikan bahwa rencana kontijensi ini merupakan SOP standar yang dimiliki oleh seluruh perwakilan untuk wajib memiliki rencana kontijensi,” kata Judha pada press briefing, Kamis (10/2/2022).

Judha mengatakan ada 145 WNI di wilayah Ukraina, yang mayoritas tinggal di wilayah Kiev dan beberapa tersebar di daerah lain di Ukraina.

Mereka dalam keadaan sehat dan aman.

KBRI Kiev selalu melakukan proses pendataan dan melakukan pemutakhiran data WNI.

Menanggapi situasi, KBRI juga telah membangun komunikasi dengan para WNI melalui whatsapp grup untuk menyampaikan update informasi yang ada.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini