News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Konflik Rusia Vs Ukraina

Antisipasi Kenaikan Harga Minyak, Jepang Naikkan Subsidi dan Kerja Sama dengan IEA

Editor: Dewi Agustina
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Menteri Ekonomi, Perdagangan, dan Industri Jepang, Koichi Hagiuda.

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Jepang

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO - Ketika harga minyak mentah melonjak karena invasi Rusia ke Ukraina, Menteri Ekonomi, Perdagangan, dan Industri Jepang Koichi Hagiuda mengambil langkah-langkah tambahan.

Langkah tersebut di antaranya seperti memperluas subsidi kepada pedagang grosir minyak untuk menahan kenaikan lebih lanjut dalam harga eceran bensin dan produk lainnya dan akan segera mengimplementasikannya.

"Harga minyak mentah, yang sudah berada di level tinggi, berada pada tren yang lebih tinggi karena situasi di Ukraina, dan ada kekhawatiran tentang dampaknya terhadap kegiatan perusahaan dan mata pencaharian," ungkap Menteri Koichi Hagiuda pada konferensi pers setelah pertemuan Kabine, Jumat (25/2/2022).

Koichi Hagiuda menyatakan akan segera melakukan langkah-langkah tambahan bekerja sama dengan kementerian dan lembaga terkait, seperti memperluas subsidi kepada pengecer minyak untuk menahan kenaikan harga eceran bensin dan minyak tanah lebih lanjut.

"Selain itu, sebagai langkah untuk usaha kecil dan menengah yang terkena dampak, kami akan mendirikan meja konsultasi di lembaga keuangan yang berafiliasi dengan pemerintah untuk mendukung arus kas," kata dia.

Baca juga: Ada Perang Rusia-Ukraina, IHSG Diprediksi Menguat Ditopang GDP dan Investor Asing

Menteri Hagiuda juga bermaksud untuk bekerja sama erat dengan IEA (Badan Energi Internasional) dan negara-negara terkait dan berpartisipasi aktif dalam pelepasan cadangan minyak untuk meningkatkan kapasitas pasokan minyak dalam keadaan darurat oleh Badan Energi Internasional, tergantung pada perkembangan situasi.

Di sisi lain, pada titik ini, dia mengakui bahwa pasokan energi yang stabil dan jaringan pasokan produk internasional agar rantai pasokan tidak dalam situasi yang bisa mempercepat mempengaruhi pasar domestik.

Sementara itu beasiswa (ke Jepang), belajar gratis di sekolah bahasa Jepang di Jepang, serta upaya belajar bahasa Jepang yang lebih efektif melalui aplikasi zoom terus dilakukan bagi warga Indonesia secara aktif dengan target belajar ke sekolah di Jepang.

Info lengkap silakan email: info@sekolah.biz dengan subject: Belajar bahasa Jepang.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini