News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Konflik Rusia Vs Ukraina

Presiden Ukraina Disebut Lebih Realstis Pilih Gabung Uni Eropa dan Kesampingkan NATO

Editor: Hendra Gunawan
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky berbicara saat menggelar jumpa pers di Kota Kyiv (Kiev), Ukraina, Kamis (3/3/2022) waktu setempat. Volodymyr Zelensky meminta pihak Barat untuk meningkatkan bantuan militer ke Ukraina. Ia mengatakan, jika tidak, Rusia akan maju ke seluruh Eropa. Jika Anda tidak memiliki kekuatan untuk menutup langit, maka beri saya pesawat! ujar Zelensky dalam jumpa pers. Jika kami tidak ada lagi maka, amit-amit, Latvia, Lithuania, Estonia akan menjadi berikutnya, katanya. Percayalah pada saya, tambahnya. AFP/SERGEI SUPINSKY

TRIBUNNEWS.COM -- Sebuah kesepakatan damai di mana Ukraina mengabaikan aspirasi NATO dengan imbalan penarikan Rusia dan jaminan keamanan barat tampaknya semakin dekat.

Menteri luar negeri Rusia, Sergei Lavrov, dan presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskiy, menyarankan pembicaraan membuat kemajuan meskipun pertumpahan darah terus berlanjut dan kekhawatiran dari beberapa pemimpin Uni Eropa bahwa Kremlin mempermainkan Kyiv.

“Negosiasi tidak mudah karena alasan yang jelas,” kata Lavrov kepada RBC News. “Namun demikian, ada beberapa harapan untuk mencapai kompromi.

“Status netral sekarang sedang dibahas secara serius, tentunya dengan jaminan keamanan. Inilah yang sekarang sedang dibahas dalam pembicaraan. Ada kata-kata yang benar-benar spesifik dan, dalam pandangan saya, kedua pihak hampir menyetujuinya.”

Baca juga: Angkatan Laut Rusia Bergabung dalam Perang, Belasan Kapal Amfibi Merapat ke Kota Pelabuhan Ukraina

Komentar Lavrov berisiko dirusak oleh penampilan televisi yang kurang mendamaikan oleh Putin dengan para menterinya pada hari Rabu di mana presiden Rusia menghina lawan-lawan domestik perangnya dan mengutuk barat karena berusaha menghancurkan negaranya.

"Setiap orang, dan terutama orang Rusia, akan selalu dapat membedakan patriot sejati dari sampah dan pengkhianat, dan memuntahkannya seperti pengusir hama yang secara tidak sengaja terbang ke mulut mereka," katanya. “Saya yakin bahwa pembersihan diri masyarakat yang alami dan perlu ini hanya akan memperkuat negara kita, solidaritas, kohesi, dan kesiapan kita untuk menghadapi tantangan apa pun.

Seorang petugas pemadam kebakaran berjalan di sepanjang tangga penyelamat yang ditempatkan di bingkai jendela sebuah gedung apartemen yang membara setelah ditembaki di distrik Obolon barat laut Kyiv pada 14 Maret 2022. - Dua orang tewas pada 14 Maret 2022, karena berbagai lingkungan di Ibu kota Ukraina, Kyiv, berada di bawah serangan penembakan dan rudal, kata pejabat kota, pada hari ke 19 setelah militer Rusia menginvasi Ukraina pada 24 Februari 2022. (Photo by Aris Messinis / AFP) (AFP/ARIS MESSINIS)

“Jika barat berpikir bahwa Rusia akan mundur, mereka tidak memahami Rusia,” katanya.

Baca juga: Ukraina dan Rusia Akan Susun Rencana Netralitas 15 Poin untuk Akhiri Perang, Kyiv Dilarang Ikut NATO

Dalam pidato video pada dini hari Rabu, Zelenskiy juga menyarankan bahwa ada ruang untuk kompromi, dengan Rusia mengambil posisi "lebih realistis". “Setiap perang berakhir dengan kesepakatan,” katanya.

Perdana Menteri Slovenia, Janez Janša, yang mengunjungi Zelenskiy di ibukota Ukraina pada Selasa malam, mengatakan kepada Guardian bahwa "rancangan kerangka kerja" sedang dikerjakan, dengan presiden Ukraina bersedia mengubah konstitusi negara itu untuk menghilangkan harapan keanggotaan NATO.

Janša, yang telah melakukan perjalanan dengan kereta api ke Kyiv dengan perdana menteri Polandia dan Republik Ceko, mengatakan dia khawatir Rusia hanya berusaha untuk “menempatkan fokus pada teater sampingan, dan gambar dari negosiasi, bukan gambar dari tempat pembunuhan. ”. “Trik lama”, katanya.

Baca juga: Pasukan Rusia Bebaskan Wali Kota Melitopol yang Diculik Pada Pekan Lalu

Tetapi dia menguraikan apa yang dia yakini sebagai pendekatan pemimpin Ukraina terhadap negosiasi perdamaian yang sedang berlangsung setelah pembicaraan mereka dan mengatakan itu menawarkan beberapa harapan untuk perdamaian abadi jika gencatan senjata Rusia dapat dimenangkan sebagai langkah pertama.

“Zelenskiy berbicara tentang membuat beberapa konsesi”, katanya. “Ada sebuah artikel dalam konstitusi Ukraina di mana orang Ukraina mencari keanggotaan NATO dan Eropa.

“Jika Anda mendengarkan Presiden Zelenskiy, dia siap untuk berhenti mencari keanggotaan NATO, jika ada keanggotaan UE yang dijamin – tidak hanya dijanjikan tetapi juga dijamin – dan jika ada beberapa jaminan keamanan di atas meja.”

Gambar selebaran yang dirilis oleh Layanan Darurat Negara Ukraina ini, menunjukkan petugas pemadam kebakaran memadamkan api di gedung departemen kepolisian regional Kharkiv, yang dikatakan dilanda penembakan baru-baru ini, di Kharkiv pada 2 Maret 2022. (Photo by UKRAINE EMERGENCY MINISTRY PRESS SERVICE / AFP) (AFP/-)

Zelenskiy melukiskan gambaran mengerikan dari konflik dalam pidatonya di Kongres AS pada hari Rabu, meminta pemerintahan Joe Biden untuk berbuat lebih banyak dalam menjatuhkan sanksi, mendorong perusahaan-perusahaan AS untuk menghentikan perdagangan di Rusia dan meningkatkan pasokan senjata militer, khususnya dengan menawarkan pesawat tempur jet.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini