News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Konflik Rusia Vs Ukraina

Rusia Mulai Gunakan Bandara Brest di Belarus untuk Serang Ukraina

Penulis: Fitri Wulandari
Editor: Adi Suhendi
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Foto ini diambil pada 27 Februari 2022 menunjukkan sebuah kendaraan pengangkut personel lapis baja Rusia (APC) terbakar di samping tubuh tentara tak dikenal selama pertempuran dengan angkatan bersenjata Ukraina di Kharkiv. - Pasukan Ukraina mengamankan kendali penuh atas Kharkiv pada 27 Februari 2022 menyusul pertempuran jalanan dengan pasukan Rusia di kota terbesar kedua di negara itu, kata gubernur setempat. (Photo by Sergey BOBOK / AFP)

Laporan Wartawan Tribunnews, Fitri Wulandari

TRIBUNNEWS.COM, KIEV - Penasihat Menteri Dalam Negeri Ukraina, Vadym Denysenko mengatakan bahwa pasukan Rusia mulai menggunakan Bandara Brest di Belarus untuk melancarkan serangan ke Ukraina.

Pernyataan ini ia sampaikan melalui saluran TV Ukraina.

"Serangan dari Belarus sebenarnya sedang berlangsung. Selain itu, Rusia sudah mulai menggunakan Bandara Brest untuk menyerang wilayah kami," kata Denysenko.

Dikutip dari laman Ukrinform, Kamis (31/3/2022), Denysenko mencatat bahwa situasinya tidak memungkinkan, sehingga Presiden Belarus Aleksandr Lukashenko tidak siap untuk mengerahkan pasukan daratnya di Ukraina.

Namun, tekanan Federasi Rusia padanya tampaknya sangat serius.

Sehingga, masih tidak mungkin untuk mengesampingkan kemungkinan penyerangan melalui bandara tersebut.

Baca juga: Putin Sarankan Pasukan Ukraina Menyerah Jika Ingin Penembakan di Mariupol Dihentikan

Sebelumnya, Presiden Volodymyr Zelenskyy telah meminta Norwegia untuk membantu Ukraina dengan senjata anti-kapal dan sistem pertahanan udara demi melindungi kebebasan dan keamanan Ukraina serta seluruh Eropa.

Pernyataan tersebut disampaikan selama pidatonya di Norwegian Storting.

"Kebebasan harus dipersenjatai tidak lebih buruk dari tirani. Saya akan sangat spesifik di dinding ini, di dinding anda. Percayalah, kami kehilangan orang-orang tertentu, kota-kota tertentu sedang dihancurkan. Jadi saya ingin memperjelas apa yang kamo butuhkan. Secara khusus, senjata anti-kapal, rudal Harpoon, serta sistem pertahanan udara NASAMS. Selain itu, kami membutuhkan senjata untuk menghancurkan kendaraan lapis baja dan sistem artileri," kata Zelenskyy.

Baca juga: Zelenskyy Minta Norwegia Bantu Kirim Senjata untuk Ukraina

Ia pun menyampaikan terima kasih kepada Norwegia atas dukungan nyata yang telah mereka berikan kepada Ukraina, termasuk pengiriman senjata.

"Sedangkan Rusia mengirimkan pasukan baru ke tanah Ukraina hanya untuk terus menghancurkan rakyat Ukraina," jelas Zelenskyy.

Menurutnya, kolom kendaraan lapis baja Rusia tidak berkurang.

Meskipun ia mengklaim para pembela Ukraina telah menghancurkan lebih banyak tank Rusia dan kendaraan tempur lain dibandingkan yang telah hilang dari Rusia dalam perang apapun selama 50 tahun terakhir.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini