News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Pilpres Timor Leste: Jose Ramos-Horta Menang Telak dari Petahana

Penulis: Andari Wulan Nugrahani
Editor: Sri Juliati
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Calon presiden Jose Ramos Horta memberi isyarat saat memberikan suaranya pada putaran kedua pemilihan presiden di Dili pada 19 April 2022.

TRIBUNNEWS.COM - Pemenang Hadiah Nobel, Jose Ramos-Horta menang telak dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) Timor Leste, menurut hasil awal yang diterbitkan oleh Sekretariat Pemilihan.

Dilansir The Guardian, berdasarkan data dari situs web Sekretariat pada Rabu (20/4/2022), setelah semua surat suara dihitung, José Ramos-Horta (72) memperoleh 397.145 suara, atau 62,09 persen melawan petahanan Francisco “Lu-Olo” Guterres 242.440, atau 37,91 persen.

“Penghitungan suara distrik, nasional dan regional telah selesai”, kata Acilino Manuel Branco, Direktur Umum Sekretariat Pemilu.

Hasil pemilu masih perlu disahkan oleh KPU Timor Leste.

Baca juga: Ramos Horta Pimpin Perolehan Suara di Pilpres Penentuan Timor Leste

Baca juga: Guterres dan Ramos-Horta Bersaing di Putaran Kedua Pilpres Timor Leste

Calon presiden Jose Ramos Horta memberi isyarat saat memberikan suaranya pada putaran kedua pemilihan presiden di Dili pada 19 April 2022.

Masa jabatan kedua bagi Ramos-Horta

Kemenangan itu memberi Ramos-Horta masa jabatan keduanya.

Dia menjabat sebagai presiden negara termuda di Asia Tenggara dari 2007 hingga 2012 sekaligus perdana menteri pertama.

“Pemilihan itu kompetitif, dan kampanye sebagian besar damai,” kata pengamat Uni Eropa Domenec Ruiz Devesa pada hari Rabu, menambahkan proses penghitungan telah dinilai “positif”.

Dia berjanji untuk menggunakan masa jabatan lima tahunnya untuk memecahkan kebuntuan yang sudah berlangsung lama antara dua partai politik utama.

Pemilu dapat memicu periode ketidakpastian, karena Ramos-Horta sebelumnya mengindikasikan dia mungkin membubarkan parlemen jika dia memenangkan pemilu.

Baca juga: Berlangsung Sengit, Pilpres Timor Leste Lanjut ke Putaran Kedua, Ramos Horta Unggul Sementara

Baca juga: Sergio Ramos Diperkirakan Meninggalkan PSG Musim Panas Ini, Kembali ke Madrid Atau Pindah ke AS?

Presiden Portugal Marcelo Rebelo de Sousa (kanan) dan presiden Bulgaria Rumen Radev berjalan melewati lukisan Joan Miro saat berkunjung ke Serralves Foundation di Porto, pada 12 April 2022.

Ucapan selamat dari Presiden Portugal

Siaran pers dari Presiden Portugal, Marcelo Rebelo de Sousa, mengatakan telah menelepon Ramos-Horta pada Rabu untuk menyampaikan selamat terhangat atas terpilihnya sebagai presiden Republik Timor-Leste.

Hampir 860.000 orang di negara berpenduduk 1,3 juta itu berhak memilih, dan lebih dari 75 persen pemilih hadir untuk memberikan suara mereka di putaran kedua.

Pemungutan suara minggu ini adalah pertandingan ulang dari pemilihan presiden 2007 yang juga melihat Ramos-Horta menang dengan mudah, dengan 69 persen suara.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini