News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Israel Kecam Menlu Rusia karena Sebut Adolf Hitler Berdarah Yahudi

Penulis: Yurika Nendri Novianingsih
Editor: Tiara Shelavie
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Pemimpin oposisi sentris Israel Yair Lapid menyampaikan pernyataan kepada pers di Knesset (parlemen Israel) di Yerusalem pada 31 Mei 2021. Lapid mengatakan banyak rintangan masih ada sebelum koalisi yang beragam untuk menggulingkan Perdana Menteri sayap kanan yang sudah lama menjabat, Benjamin Netanyahu dapat disepakati.

TRIBUNNEWS.COM - Israel mengecam Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov pada Senin (2/5/2022) karena menyebut pemimpin Nazi Adolf Hitler berasal dari Yahudi.

Israel menyebut komentar Lavrov anti-Semit dan berbahaya.

Menteri Luar Negeri Israel Yair Lapid mengatakan duta besar Rusia akan dipanggil untuk pembicaraan tegas atas pernyataan yang dibuat Lavrov dalam sebuah wawancara dengan televisi Italia.

"Ini adalah pernyataan skandal yang tak termaafkan, kesalahan sejarah yang mengerikan, dan kami mengharapkan permintaan maaf," kata Lapid, seperti dikutip dari CNA.

Selama wawancara dengan saluran Rete 4 Italia, Lavrov ditanya bagaimana Rusia dapat mengatakan bahwa mereka perlu mendenazifikasi Ukraina, ketika presiden negara itu, Volodymyr Zelenskyy, adalah orang Yahudi.

"Ketika mereka mengatakan 'Nazifikasi macam apa ini jika kita adalah orang Yahudi', saya pikir Hitler juga memiliki asal-usul Yahudi, jadi itu tidak berarti apa-apa," kata Lavrov.

Baca juga: Melawat ke Eropa, PM India Didesak Jauhi Rusia?

Baca juga: Peringatan Keras Zelensky untuk Pasukan Rusia: Lebih Baik Bertahan di Rusia daripada Mati di Ukraina

"Sudah lama kita mendengar orang-orang Yahudi yang bijak mengatakan bahwa anti-Semit terbesar adalah orang-orang Yahudi itu sendiri," tambahnya.

Israel telah menyatakan dukungan berulang kali untuk Ukraina.

Namun waspada terhadap ketegangan hubungan dengan Rusia, penguasa di negara tetangga Suriah, pada awalnya menghindari kritik langsung terhadap Moskow dan belum memberlakukan sanksi formal terhadap oligarki Rusia.

Sergei Lavrov (RT.com)

Bulan lalu, Lapid menuduh Rusia melakukan kejahatan perang di Ukraina, dan Israel setuju untuk memasok helm dan rompi ke layanan penyelamatan Ukraina, menandakan pergeseran posisinya dalam menyediakan peralatan tersebut.

Dani Dayan, ketua Yad Vashem, peringatan Israel untuk enam juta orang Yahudi yang tewas dalam Holocaust, mengatakan pernyataan menteri Rusia itu adalah "penghinaan dan pukulan telak bagi para korban Nazisme yang sebenarnya".

Berbicara di radio Kan, Dayan mengatakan Lavrov menyebarkan teori konspirasi anti-Semit tanpa dasar fakta.

Identitas salah satu kakek Hitler tidak diketahui tetapi ada beberapa spekulasi, tidak pernah didukung oleh bukti apapun, bahwa dia mungkin seorang Yahudi.

Lapid mengatakan bahwa mengklaim Hitler adalah keturunan Yahudi sama dengan mengatakan bahwa orang Yahudi telah bunuh diri, menambahkan bahwa menuduh orang Yahudi sebagai anti-Semit adalah tingkat rasisme terendah.

Baca juga: Menlu Rusia Sebut Hitler Berdarah Yahudi, Israel dan Ukraina Tersinggung

Baca juga: Zelensky Beri Peringatan Dunia akan Krisis Pangan, Buntut Rusia Blokade Pelabuhan Laut Hitam

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini