News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Pelaku Penembakan di Buffalo yang Tewaskan 10 Orang Kulit Hitam Rencanakan Serangan Sejak November

Penulis: Rica Agustina
Editor: Sri Juliati
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Bunga ditinggalkan di peringatan darurat di luar pasar Tops pada 15 Mei 2022 di Buffalo, New York. -- Payton Gendron, pria kulit putih yang dituduh membantai 10 orang kulit hitam di Buffalo telah merencanakan serangannya selama berbulan-bulan.

TRIBUNNEWS.COM - Payton Gendron, pria kulit putih yang dituduh membantai 10 orang kulit hitam di Tops Friendly Market, Buffalo, New York, telah merencanakan serangannya selama berbulan-bulan.

Sejak November, Gendron menulis dalam buku harian yang tampaknya telah dia unggah di media sosial, tentang melakukan serangan terhadap orang Afrika-Amerika.

Gendron berlatih menembak dari mobilnya dan melakukan perjalanan sejauh 320 kilometer dari rumahnya di Conklin, New York pada 8 Maret untuk mengintai tempat yang menjadi sasarannya.

Dia juga mengunggah peta toko kelontong yang digambar tangan bersama dengan penghitungan jumlah orang kulit hitam yang dia hitung di sana.

Dia menceritakan bagaimana seorang penjaga keamanan kulit hitam di toko menghadapinya hari itu dan menanyakan apa yang dia lakukan.

Baca juga: POPULER Internasional: UE Gagal Embargo Minyak dan Gas Rusia | Fakta Penembakan Massal di Buffalo AS

Baca juga: Penembakan di Buffalo Tewaskan 10 Orang, Wali Kota: Pelaku Targetkan Orang Kulit Hitam

Seorang penjaga keamanan tersebut termasuk di antara korban tewas dalam penembakan yang terjadi pada hari Sabtu.

Buku harian yang diambil dari platform obrolan Discord itu terungkap dua hari setelah Gendron yang berusia 18 tahun diduga melepaskan tembakan dengan senapan gaya AR-15.

Salinan materi online dibagikan kepada The Associated Press oleh Marc-André Argentino, seorang peneliti di Pusat Internasional untuk Studi Radikalisasi dan Kekerasan Politik yang berbasis di London.

Sebuah transkrip dari buku harian itu tampaknya diunggah ke publik beberapa saat sebelum serangan itu.

Tidak jelas berapa banyak orang yang mungkin telah melihat entri tersebut.

Para ahli mengatakan tidak mungkin buku harian itu diubah oleh orang lain selain penulis.

Agen top FBI di Buffalo, Stephen Belongia, mengindikasikan melalui telepon dengan pejabat lain bahwa penyelidik sedang melihat aktivitas Discord Gendron, Senin (17/5/2022).

Belongia tidak memberikan rincian dalam panggilan tersebut.

Komisaris Polisi Buffalo Joseph Gramaglia mengatakan pada konferensi pers bahwa ada informasi yang menunjukkan Gendron berada di Buffalo pada bulan Maret.

Halaman
123
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini