News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Teknologi Militer

Mengenal BMPT Terminator, Kendaraan Tempur Spesialis Perang Kota Milik Rusia  

Penulis: Setya Krisna Sumarga
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

BMPT Terminator 2 milik Rusia yang diterjunkan ke medan konflik Ukraina

TRIBUNNEWS.COM, SEVEREDONETSK – Kementerian Pertahanan Rusia menerjunkan kendaraan tempur pendukng tank atau BMPT Terminator ke zona tempur di dekat kota Severodonetsk.

Kota ini ada di wilayah Republik Rakyat Luhansk yang diakui kedaulatannya oleh Rusia. Luhansk menyatakan diri ‘merdeka’ dari Ukraina pada 2014.   

Diperkirakan yang dikerahkan itu BMPT Terminator 2, dan baru pertama kali terlihat di medan konflik Ukraina, sejak dimulainya operasi militer khusus Rusia 24 Februari 2022.

Dikutip dari Southfront.org, Rabu (18/5/2022), kendaraan tempur ini didesain jadi alutsista yang efektif untuk pertempuran konvensional jarak dekat atau perang kota.

Secara rinci, persenjataan Terminator mencakup dua meriam otomatis 2A42 30 mm, senapan mesin tank 7,62 mm, peluncur granat otomatis AG-17D dan ATGM "Kornet".

Baca juga: Ini Dia T-14 Armata, Tank Tempur Tercanggih Rusia, Resmi Siap Operasi 2021

Baca juga: Jerman Modernisasi Leopard Hadapi Kemajuan Tank Tempur Utama Rusia

Baca juga: Wakil PM Rusia Ungkap Senjata Pertahanan Udara S-500 Canggih Tiba untuk Pasukan Rusia

Kendaraan ini didasarkan pada sasis tank tempur utama T-72 buatan Rusia dan mampu menghancurkan kendaraan infanteri, tank, dan target lapis baja lainnya.

Kendaraan tempur pendukung tank BMPT-72 atau “Terminator 2” dirancang dan diproduksi oleh perusahaan Rusia Uralvagonzavod.

Seri Terminator 2 diluncurkan pada pameran Russian Arms Expo (RAE) di Nizhny Tagil Rusia pada September 2013.

Pengalaman Afghanistan dan Chechnya

BMPT dirancang berdasarkan pengalaman tempur yang diperoleh selama Perang Soviet-Afghanistan dan Perang Chechnya I.

Beberapa prototipe kendaraan tempur pendukung tank dibuat sebelum desain BMPT saat ini. Ranpur 199 Ramka adalah prototipe yang kemudian ditunjuk sebagai BMPT Terminator.

Pada akhir 2013, satu-satunya operator BMPT adalah Kazakhstan. Sejumlah kecil dikirim ke Angkatan Darat Rusia untuk evaluasi mulai 2005.

Tank tempur T-14 Armata. (Ria Novosti)

Kementerian Pertahanan Rusia akhirnya memesan BMPT pada Agustus 2017. Pengiriman lebih dari 10 kendaraan dimulai pada awal 2018.

Pada 1 Desember 2021, yang pertama di Angkatan Bersenjata Federasi Rusia, kompi sembilan kendaraan tempur diperkenalkan ke salah satu resimen tank divisi tank Distrik Militer Pusat.

Halaman
123
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini