News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Konflik Rusia Vs Ukraina

Soal Pertukaran Tawanan Perang dengan Ukraina, Rusia: Hal Utama bagi Kami

Penulis: Andari Wulan Nugrahani
Editor: Pravitri Retno W
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Tangkapan layar ini diperoleh dari video selebaran yang dirilis oleh Kementerian Pertahanan Rusia pada 17 Mei 2022, menunjukkan anggota layanan Ukraina saat mereka digeledah oleh personel militer pro-Rusia setelah meninggalkan pabrik baja Azovstal yang terkepung di kota pelabuhan Mariupol, Ukraina. Lebih jauh, Jubir Kremlin buka suara soal pertukaran tawanan perang dengan Ukraina, dan menyebut keselamatan pasukan Moskow sebagai prioritas, Kamis (30/6/2022)

TRIBUNNEWS.COM - Juru bicara Kremlin, Dmitry Peskov, buka suara terkait alasan Moskow menyetujui pertukaran tawanan perang dengan Ukraina, Kamis (30/6/2022).

Menurut pejabat tinggi Rusia tersebut, membawa pulang tentara Rusia merupakan priotias utama Kremlin.

“Kembalinya prajurit kami dan semua prajurit yang berjuang dan memperjuangkan hak hidup rakyat LPR dan DPR adalah hal utama bagi kami,” kata Peskov kepada wartawan.

Baca juga: Rusia Tembakkan Dua Rudal ke Odesa Ukraina, 17 Orang Tewas dan Puluhan Orang Terluka

Dilansir RT News, pertukaran itu pertama kali diumumkan oleh dinas intelijen militer Ukraina pada Rabu (29/6/2022).

Moskow mengembalikan 144 tentara Ukraina yang ditangkap dengan imbalan jumlah prajurit Rusia yang sama, serta pejuang dari Republik Rakyat Donetsk dan Luhansk.

Kementerian Pertahanan Rusia mengomentari pertukaran pada Kamis, mengungkapkan bahwa itu telah disahkan secara pribadi oleh Presiden Vladimir Putin.

"Pertukaran itu diatur dan dilakukan atas perintah langsung dari panglima tertinggi Angkatan Bersenjata Rusia,” kata juru bicara Kementerian Pertahanan, Jenderal Igor Konashenkov.

"Menjaga nyawa, kesehatan, pembebasan prajurit kami, para pejuang Republik Rakyat Donetsk dan Lugansk, yang merupakan mayoritas dari mereka yang kembali, adalah tugas yang paling penting," tegasnya.

Baca juga: UPDATE Perang Rusia Vs Ukraina Hari ke-128: Jokowi Bertemu Putin, Rudal Rusia Hantam Apartemen

Tangkapan layar ini diperoleh dari video selebaran yang dirilis oleh Kementerian Pertahanan Rusia pada 17 Mei 2022, menunjukkan anggota layanan Ukraina saat mereka digeledah oleh personel militer pro-Rusia setelah meninggalkan pabrik baja Azovstal yang terkepung di kota pelabuhan Mariupol, Ukraina. (AFP/HANDOUT)

Di antara tawanan perang ada 43 pejuang resimen Azov

Dikutip dari The Guardian, pertukaran itu termasuk 43 pejuang resimen Azov yang terkenal kejam.

Ratusan anggota unit neo-Nazi berakhir di tahanan Rusia setelah menyerah di pabrik Azovstal di kota pelabuhan Mariupol.

Secara keseluruhan, lebih dari 6.000 tentara Ukraina telah ditangkap selama konflik yang sedang berlangsung, menurut militer Rusia.

Dikutip dari TASS, sehari sebelumnya, Ketua DPR Denis Pushilin mengatakan Republik Rakyat Donetsk dan Ukraina menekankan tugas utama adalah untuk menyelamatkan para pejuang yang mengambil bagian dalam operasi pembebasan khusus.

Menurut Pushilin, musuh ternyata memiliki prajurit yang sangat berharga.

Baca juga: Pasukan Rusia Melarikan Diri dari Pulau Ular Setelah Serangan Artileri Ukraina

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini