News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Peserta Indonesia Hadir di KTT Nishigoi Pertama Dunia di Niigata Jepang, Lambang Perdamaian

Editor: Johnson Simanjuntak
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Para peserta World Nishikigoi Summit berpose di Niigata Jepang baru-baru ini (6/11/2022).

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Jepang

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO -  Peserta dari Indonesia mengikuti KTT Nishikigoi dunia di Jepang sebagai simbol perdamaian "World Nishikigoi Summit'' yang pertama kali diadakan di Niigata baru-baru ini.
 
Seorang peserta dari Indonesia ikut pula dalam KTT tersebut dan merasa senang bisa berkumpul dnegan para kolektor Nishigoi dunia di Niigata.

"Senang saya bisa bertemu dnegan para kolektor Nishigoi dunia di Jepang ini," ungkapnya tak mau disebutkan namanya kepada Tribunnews.com.

Gubernur Hanazuno (keenam dari kiri di barisan depan) berpose untuk foto kenang-kenangan di tempat KTT Nishikigoi Dunia di Yosuke Tsuyuki di Toki Messe di Daerah Chuo, Kota Niigata, pada 6 November 2022.

Nishikigoi (dari bahasa Jepang) atau kurang lebih bermakna ikan karper yang bersulam emas atau perak. Di Jepang, koi menjadi semacam simbol cinta dan persahabatan. Ini karena koi merupakan homofon untuk kata lain yang juga bermakna kasih sayang atau cinta.

 Ikan Koi adalah sejenis ikan yang termasuk carp amur (Cyprinus rubrofuscus) yang mempunyai ornamen yang sangat indah dan jinak. Seringkali ikan ini dianggap varian dari ikan mas (Cyprinus carpio) padahal secara genetik berbeda keduanya berbeda.

Koi biasanya dipelihara sebagai hiasan dengan tujuan keindahkan dan keberuntungan di dalam rumah dan luar rumah (kolam koi atau taman air, karena ikan koi dipercaya membawa keberuntungan. Karena ikan koi berkerabat dengan ikan mas, dan oleh karena itu di Indonesia banyak orang menyebutnya ikan mas koi.

Jenis ikan koi dibedakan tergantung dari warnanya, polanya, dan ukurannya. Beberapa unsur warnanya adalah putih, hitam, merah, kuning, biru, dan krem. Jenis koi paling dikenal adalah jenis ''Gosanke'', yang terdiri dari Kohaku, Taisho Sanshoku, and Showa Sanshoku.

Nishikigoi yang berasal dari Niigata dan memiliki sejarah lebih dari 200 tahun. “World Nishikigoi Summit” diadakan untuk pertama kalinya untuk menyebarkan daya tarik Nishikigoi secara luas baik di dalam negeri maupun internasional.

Pihak-pihak yang berpartisipasi dari 21 negara mengadopsi "Deklarasi Niigata."

Mereka mengirimkan pesan kepada dunia bahwa mereka akan mempromosikan koi sebagai simbol perdamaian dan mempromosikan saling pengertian dan pertukaran lebih lanjut.

Deklarasi Niigata memperkenalkan bahwa Nishikigoi  lahir melalui mutasi dari Magagoi yang dapat dimakan yang dibudidayakan di pegunungan Kota Nagaoka dan Kota Ojiya, dan saat ini terdapat lebih dari 100 varietas.

Selain diakui di seluruh dunia karena nilai seninya hingga disebut sebagai "permata berenang", kelompok ini menegaskan bahwa itu adalah "simbol perdamaian" karena tidak memiliki batas teritorial, tidak menyukai konflik, dan memiliki kepribadian yang lembut.

Selain itu, kelompok ini juga menyatakan, "Kami akan menggunakan promosi Nishikigoi sebagai kesempatan untuk mempromosikan saling pengertian tentang budaya dan sejarah masing-masing negara dan wilayah, dan mempromosikan pertukaran ekonomi dan budaya."

Halaman
123
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini