News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Ledakan Bom di Istanbul Turki: Polisi Tangkap 1 Perempuan Terduga Pelaku, 21 Orang Lainnya Ditahan

Penulis: Yunita Rahmayanti
Editor: Siti Nurjannah Wulandari
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Anggota tim forensik bekerja setelah ledakan kuat yang tidak diketahui asalnya mengguncang jalan perbelanjaan Istiklal yang sibuk di Istanbul, pada 13 November 2022. - Presiden Turki mengutuk serangan keji yang melanda Istanbul tengah, dan mengatakan serangan itu menewaskan enam orang dan melukai lebih dari 50 lainnya, pada 13 November 2022. (Photo by Yasin AKGUL / AFP)

TRIBUNNEWS.COM - Menteri Dalam Negeri Turki Suleyman Soylu menuduh militan Kurdi di Suriah utara bertanggung jawab atas pemboman di pusat perbelanjaan Istanbul Istiklal Avenue, Distrik Beyoglu, Istanbul, Turki, Minggu (13/11/2022) sore.

Ledakan bom di Turki menewaskan enam orang dan 81 lainnya luka-luka.

Ia mengatakan seorang tersangka yang diduga perempuan telah ditangkap.

Selain itu, ada 21 orang lainnya yang ditahan karena diduga terlibat kelompok militan.

Mendagri Turki Suleyman Soylu mengatakan serangan itu direncanakan oleh militan Kurdi dari Partai Pekerja Kurdistan (PKK) dan Unit Pertahanan Rakyat (YPG).

Baca juga: Mesir hingga Ukraina Kecam Serangan Bom Istanbul Turki, Prancis: Kami Dukung Perang Lawan Terorisme

"Menurut temuan awal kami, perintah untuk serangan teror mematikan datang dari Ayn al-Arab di Suriah utara, di mana PKK/YPG memiliki markas besar di Suriah," kata Mendagri Turki Suleyman Soylu dalam konferensi pers di Distrik Beyoglu, Istanbul, Turki, Senin (14/11/2022) pagi, seperti diberitakan The Guardian.

Namun, Soylu tidak merinci atau memberikan perincian tentang bagaimana penyelidik mencapai kesimpulan ini.

Meski Mendagri Turki menuduh militan Kurdi, ledakan bom itu belum secara resmi diklaim oleh kelompok mana pun sejauh ini.

Kronologi ledakan bom di Turki

Ambulans naik ketika polisi Turki mencoba mengamankan daerah itu setelah ledakan kuat yang tidak diketahui asalnya mengguncang jalan perbelanjaan Istiklal yang sibuk di Istanbul, pada 13 November 2022. - Gubernur Istanbul Ali Yerlikaya men-tweet bahwa empat orang tewas dan 38 terluka menurut penyelidikan awal informasi. (Photo by Yasin AKGUL / AFP) (AFP/YASIN AKGUL)

Ledakan bom ini terjadi di pusat perbelanjaan Istanbul stiklal Avenue, Beyoglu, Istanbul, Turki, pada Minggu (13/11/2022) sore, sekira pukul 16.20 waktu setempat.

Lokasi ini merupakan kota terbesar di Turki yang biasanya ramai oleh pembeli, turis, dan pejalan kaki.

"Rekaman CCTV menunjukkan seorang wanita duduk di bangku di sana selama 45 menit dan ledakan itu terjadi beberapa saat setelah dia pergi," kata Menteri Kehakiman Turki Bekir Bozdağ, Senin (14/11/2022), dikutip dari CNN Internasional.

Dalam rekaman CCTV itu, terlihat wanita tersebut meninggalkan tas atau kantong plastik sekira satu atau dua menit sebelum ledakan.

“Ada dua kemungkinan. Entah tas atau kantong plastik itu ada mekanismenya, meledak sendiri atau ada yang meledakkannya dari jauh. Semua ini saat ini sedang diselidiki,” tambahnya.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini