News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

KTT G20 Bali

KTT G20: Pemimpin Dunia Kecam Perang hingga Zelensky Sampaikan 10 Poin Perdamaian

Penulis: Andari Wulan Nugrahani
Editor: Tiara Shelavie
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Foto selebaran ini diambil dan dirilis oleh layanan pers Kepresidenan Ukraina pada 14 November 2022, menunjukkan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengambil bagian dalam upacara peletakan bendera selama kunjungannya ke kota Kherson yang baru dibebaskan, menyusul mundurnya pasukan Rusia dari pusat strategis. - Para pemimpin dunia mengecam perang Rusia di Ukraina saat mereka berkumpul untuk pertemuan negara-negara Kelompok 20 (G20) di Bali.

TRIBUNNEWS.COM - Para pemimpin dunia mengecam perang Rusia di Ukraina saat mereka berkumpul untuk pertemuan negara-negara Kelompok 20 (G20) di Bali.

Saat KTT dua hari dibuka pada Selasa (15/11/2022), Indonesia, negara tuan rumah, menyerukan persatuan meskipun ada keretakan di dalam G20 – termasuk Rusia – karena konflik tersebut.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mendesak kelompok itu, yang dia sebut dalam pidato video sebagai “G19”, mengecualikan Rusia, untuk menghentikan perang dengan “formula perdamaian” -nya .

Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov dan perwakilan tertinggi di KTT, dilaporkan berada di ruangan ketika Zelensky menyampaikan pidatonya.

Lavrov kemudian menuduh Ukraina mengulur-ulur konflik.

Berikut ini Tribunnews.com rangkum pembahasan pada KTT G20 di Bali, hari pertama Selasa (15/11/2022), seperti dilansir Al Jazeera

Baca juga: SBY Duduk Semeja dengan Megawati, Gerindra Sebut Sebagai Berkah KTT G20, Jadi Momen Bersejarah

Ukraina

Presiden Ukraina meminta para pemimpin G20 untuk mengadopsi rencana perdamaian 10 poin dan mengakhiri perang "secara adil dan berdasarkan Piagam PBB dan hukum internasional".

“Ukraina tidak boleh ditawarkan untuk membuat kompromi dengan hati nurani, kedaulatan, wilayah, dan kemerdekaannya," ucap Zelensky.

"Kami menghormati aturan dan kami memegang kata-kata kami,” jelasnya pada KTT melalui tautan video dari Kyiv.

Dia menolak negosiasi apa pun yang serupa dengan kesepakatan antara Kyiv dan Moskow pada 2014.

“Kami tidak akan membiarkan Rusia menunggu, membangun kekuatannya, dan kemudian memulai serangkaian teror baru dan destabilisasi global,” kata Zelensky.

“Rupanya, kata-kata Rusia tidak dapat dipercaya, dan tidak akan ada Minsk 3, yang akan dilanggar Rusia segera setelah penandatanganan,” tambahnya.

Baca juga: Ledakan Kembali Terdengar di Kyiv, Ukraina Sebut Rusia Tanggapi Pidato Zelensky di KTT G20

Foto selebaran ini diambil dan dirilis oleh layanan pers Kepresidenan Ukraina pada 14 November 2022, menunjukkan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengambil bagian dalam upacara peletakan bendera selama kunjungannya ke kota Kherson yang baru dibebaskan, menyusul mundurnya pasukan Rusia dari pusat strategis . (Selebaran / LAYANAN PERS PRESIDEN UKRAINA / AFP)

Pernyataan Zelensky merujuk pada perjanjian Minsk 1 dan 2 yang ditandatangani masing-masing pada 2014 dan 2015.

Halaman
1234
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini