News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Polisi Tokyo Tangkap 19 Warga Jepang Anggota Sindikat Penipuan di Kamboja

Editor: Choirul Arifin
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Kepolisian Metropolitan Tokyo menangkap 19 orang Jepang yang baru saja dipulangkan ke Jepang dari Kamboja karena dicurigai terlibat dalam sindikat penipuan khusus sedikitnya pada 75 kasus. Mereka ditangkap tak lama setelah turun dari pesawat sewaan saat mendarat di Bandara Haneda, Selasa malam (11/4/2023) 

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Jepang

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO - Kepolisian Metropolitan Tokyo menangkap 19 orang Jepang yang baru saja dipulangkan ke Jepang dari Kamboja karena dicurigai terlibat dalam sindikat penipuan khusus sedikitnya pada 75 kasus.

Mereka ditangkap tak lama setelah turun dari pesawat sewaan saat mendarat di Bandara Haneda, Selasa malam (11/4/2023) 

"Departemen Kepolisian Metropolitan berencana menganalisis smartphone yang diserahkan oleh otoritas setempat untuk mengklarifikasi situasi sebenarnya dari kelompok yang berbasis di Kamboja," ungkap sumber Tribunnews.com kemarin (11/4/2023).

Sebanyak 19 orang Jepang berusia 25 hingga 55 tahun, termasuk Taiki Okamoto (38) dan Yamada Hiroshi yang alamat dan pekerjaannya tidak diketahui, telah ditangkap.

Pada bulan Januari tahun ini, seorang wanita berusia 60-an yang tinggal di Toky tertipu   akibat menerima  pesan palsu seolah dari NTT Docomo dan menipunya sekitar 250.000 yen dalam bentuk uang elektronik ketika dia ditagih untuk situs berbayar.

Menurut Departemen Kepolisian Metropolitan Tokyo, 19 orang tersebut diyakini sebagai kelompok penipuan khusus yang berbasis di sebuah hotel di Sihanoukville, sebuah kota di Kamboja selatan, dan berperan sebagai "kakeko" yang melakukan  kebohongan melalui telepon.

Ke-19 orang tersebut ditangkap dengan pesawat sewaan yang dipindahkan dari Kamboja ke Jepang, dan setelah tiba di Bandara Haneda pada malam tanggal 11 April, mereka dimasukkan ke dalam mobil dan dipindahkan ke kantor polisi di Tokyo.

Selain 64 smartphone, kepolisian Jepang menyitanya dan menerima daftar nama korban dan manual yang merangkum trik penipuan khusus dari otoritas setempat.

Baca juga: Jurnalis Jepang Investigasi Perdagangan WNI di Kamboja

Polisi melakukan  kebijakan untuk menyelidiki dan mengklarifikasi situasi sebenarnya dari kelompok tersebut serta alur transaksi uang kelompok penipu tersebut dari kelompok Yakuza Jepang.

Baca juga: Sindikat Penipu di Pringsewu Pakai Senjata Api Untuk Menakuti Korban

Sementara itu bagi para pecinta Jepang dapat bergabung gratis ke dalam whatsapp group Pecinta Jepang dengan mengirimkan email ke: info@sekolah.biz  Subject: WAG Pecinta Jepang. Tuliskan Nama dan alamat serta nomor whatsappnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini