News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Lebaran 2023

Ini 8 Negara yang Rayakan Idulfitri 1444 Hijriah pada Sabtu Besok

Penulis: Fitri Wulandari
Editor: Theresia Felisiani
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Ilustrasi lebaran. Momen Idulfitri akan jatuh pada Sabtu 22 April 2023 untuk banyak negara, ada 7 negara selain Australia yang rayakan Lebaran pada Sabtu besok.

TRIBUNNEWS.COM, ABU DHABI - Pusat Astronomi Internasional (IAC) mengatakan bahwa momen Hari Raya IdulFitri 1444 Hijriah akan jatuh pada Sabtu besok, 22 April 2023 untuk banyak negara di seluruh dunia.

Pada Rabu lalu, IAC yang berpusat di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab (UEA) mengumumkan bahwa hari raya umat Islam di Australia akan jatuh pada Sabtu besok.

Dikutip dari laman Arabian Business, Jumat (21/4/2023), saat ini ada 7 negara lainnya selain Australia yang akan merayakan Lebaran 2023 pada Sabtu besok, mengutip pengumuman dari organisasi Muslim di masing-masing negara.

Menurut postingan media sosial yang dibagikan oleh Pusat Astronomi Internasional, hari Sabtu akan menjadi momen perayaan Hari Raya IdulFitri bagi Australia, India, Brunei, Malaysia, Thailand, Singapura, Jepang, dan tentu saja Indonesia.

Di Indonesia, setelah menggelar Sidang Isbat penentuan Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah, Menteri Agama Yaqut Kholil Qoumas mengumumkan Hari Raya IdulFitri tahun ini atau 1 Syawal 1444 H jatuh pada Sabtu, 22 April 2023.

Ia pun meminta agar masyarakat tidak membahas mengenai perbedaan terkait perayaan hari besar umat Islam ini.

Namun menonjolkan persamaan yang ada pada makna yang terkandung di dalamnya.

"Perbedaan dalam pelaksanaan Idul Fitri, kami berharap kita tidak menonjolkan perbedaan, tapi persamaan-persamaan yang mungkin kita miliki," kata Yaqut, di Auditorium HM Rasjidi Kementerian Agama, Jakarta Pusat, Kamis (20/4/2023).

Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas melaksanakan konferensi pers Sidang Isbat penetapan 1 Syawal 1444 Hijriah di Auditorium HM Rasjidi (Kemenag), Jakarta Pusat, Kamis (20/4/2023). Pemerintah melalui Kemenag menetapkan 1 Syawal 1444 H jatuh pada hari Sabtu (22/4/2023). Warta Kota/YULIANTO (Warta Kota/Yulianto)

Sumber: https://www.arabianbusiness.com/culture-society/eid-al-fitr-2023-declared-on-saturday-for-7-countries-around-the-world

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini