News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Konflik Rusia Vs Ukraina

Rusia Kecam AS yang Tolak Visa Jurnalisnya untuk Liput Acara PBB di New York

Penulis: Yunita Rahmayanti
Editor: Sri Juliati
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Menteri Luar Negeri Rusia, Sergei Lavrov, mengecam AS yang menolak mengeluarkan visa untuk jurnalis Rusia yang akan mendampinginya dan meliput acara PBB di New York.

TRIBUNNEWS.COM - Amerika Serikat memutuskan untuk tidak mengeluarkan visa kepada jurnalis Rusia yang akan berpartisipasi dalam sesi Dewan Keamanan PBB di New York pada April 2023 ini.

Rencananya, jurnalis Rusia itu akan mendampingi Menteri Luar Negeri Rusia, Sergey Lavrov.

Sergey Lavrov mengatakan hal ini sangat bertentangan dengan komitmen AS untuk menjamin kebebasan.

Dia tahu, AS memiliki kecenderungan untuk melakukan hal-hal seperti itu, namun kali ini berbeda dan mengingat semua perilaku keterlaluan AS.

“Sebuah negara yang menyebut dirinya sebagai negara terkuat, terpintar, bebas dan adil telah ketakutan dan melakukan sesuatu yang bodoh," kata Sergei Lavrov, Minggu (23/4/2023).

"Yang terpenting, Anda dapat yakin, kami tidak akan melupakan dan kami tidak akan memaafkan," lanjutnya, seperti diberitakan AP News.

Baca juga: Rusia Temukan Bom di Belgorod, 3.000 Warga Dievakuasi dari 17 Apartemen

Wakil Menteri Luar Negeri Rusia, Sergey Ryabkov, juga mengutuk kegagalan AS untuk mengeluarkan visa kepada wartawan Rusia.

"Orang Amerika melakukan trik lain yang keterlaluan dan sama sekali tidak dapat diterima dalam persiapan untuk partisipasi Menteri Luar Negeri Rusia (Sergey) Lavrov dalam peristiwa keluarnya presiden Rusia dari Dewan Keamanan PBB," kata Sergey Ryabkov, dikutip dari Sputnik.

"Sekelompok jurnalis Rusia yang akan menemani Lavrov dalam perjalanan ini tidak mendapatkan visa sampai saat-saat terakhir. Orang Amerika berpura-pura bekerja dan solusi akan segera ditemukan," kata Ryabkov kepada wartawan yang tiba di bandara untuk berangkat ke New York.

Dia menambahkan, situasi ini adalah ejekan, dan refleksi lain dari fakta soal orang-orang di Washington tidak hanya tidak dapat dipercaya, tapi juga tidak layak untuk didengarkan.

NEW YORK, NEW YORK - 05 MEI: Anggota Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), Dewan Keamanan menghadiri pertemuan tentang situasi yang sedang berlangsung di Ukraina pada 05 Mei 2022 di New York City. António Guterres, Sekretaris Jenderal PBB, telah menekankan perlunya mengakhiri perang di Ukraina dan untuk memulihkan produksi pertanian Ukraina serta produksi pangan dan pupuk Rusia sebelum negara-negara menghadapi krisis pangan yang parah. (Spencer Platt/Getty Images/AFP)

Baca juga: PBB Prediksi Pertengahan 2023 India Lampaui China Jadi Negara Terpadat di Dunia

“Kami telah berulang kali menghubungi mereka mengenai masalah ini selama beberapa hari terakhir. Namun demikian, hasilnya, seperti yang Anda lihat, menyedihkan, meskipun kami diberi jaminan visa sedang dalam perjalanan, akan segera dikeluarkan," kata Ryabkov.

"Semua ini adalah kebohongan. Ini adalah kebohongan langsung, dan itu tidak memberikan gambaran yang baik tentang negara yang menjadi tuan rumah Markas Besar PBB. Para jurnalis seharusnya meliput acara paling penting dari kepresidenan Rusia di Dewan Keamanan PBB," lanjut Ryabkov.

Dia menekankan, semua acara yang dijadwalkan dihadiri Lavrov di New York adalah acara penting yang layak diberitakan.

"Kumpulan pers kami pasti bersama kami, tapi itu tidak terjadi. Tanggung jawab terletak tepat di pihak Amerika," kata Ryabkov.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini