News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

57 Mayat Imigran Terdampar di Pantai Libya Usai 2 Kapal Tenggelam saat Menuju Eropa

Penulis: Yunita Rahmayanti
Editor: Nuryanti
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Proses evakuasi mayat para imigran yang terdampar di pantai barat Libya. Petugas telah mengevakuasi 57 mayat pada Selasa (25/4/2023) dan jumlahnya kemungkinan akan bertambah. Sebelumnya, 2 kapal tenggelam di dekat pantai Libya, dan membawa 80 imigran yang berangkat menuju ke Eropa pada Selasa (25/4/2023) pukul 02.00 waktu setempat.

TRIBUNNEWS.COM - Sebanyak 57 mayat terdampar di pantai barat Libya setelah dua kapal tenggelam di Laut Mediterania pada Selasa (25/4/2023).

Seorang petugas penjaga pantai dan seorang pekerja bantuan mengatakan mereka melihat lusinan mayat yang berada di beberapa titik.

Seorang korban selamat mengatakan ada sekitar 80 penumpang di sebuah kapal yang berangkat ke Eropa sekitar pukul 02.00 waktu setempat pada Selasa (25/4/2023).

"Sebelas mayat, termasuk seorang anak, ditemukan di lepas pantai Qarabulli di Tripoli timur," kata petugas penjaga pantai Fathi al-Zayani, dikutip dari Al Jazeera.

Para imigran ini berasal dari Pakistan, Suriah, Tunisia, dan Mesir.

Baca juga: Jumlah Imigran Melonjak, Italia Berlakukan Keadaan Darurat Imigrasi selama 6 Bulan

Seorang pekerja bantuan Bulan Sabit Merah di kota pesisir Sabratha, sebelah barat Tripoli, mengatakan pihak berwenang telah menemukan 46 mayat sejak sebuah kapal tenggelam di lepas pantai Libya lima hari lalu.

Korban terbaru mengikuti penemuan 11 mayat pada Senin (24/4/2023), yang diserahkan kepada pihak berwenang di Sabratha.

Gambar-gambar yang diposting online oleh lembaga Sabratha Red Crescent menunjukkan mayat dalam tas hitam ditempatkan di bagian belakang truk pick-up oleh pekerja bantuan yang mengenakan masker wajah dan sarung tangan.

Pekerja bantuan mengatakan lebih banyak mayat diperkirakan akan terdampar dalam beberapa hari mendatang.

Petugas Bulan Sabit Merah sedang mengevakuasi mayat para imigran yang terdampar di pantai barat Libya. Ada 57 mayat yang berhasil dievakuasi pada Selasa (25/4/2023) dan jumlahnya kemungkinan akan bertambah. Sebelumnya, 2 kapal tenggelam di dekat pantai Libya, dan membawa 80 imigran yang berangkat menuju ke Eropa pada Selasa (25/4/2023) pukul 02.00 waktu setempat. (Red Crescent)

Baca juga: 440 Imigran Terjebak di Tengah Laut Mediterania, LSM Italia Lakukan Evakuasi

Imigran Tunisia

Selain Libya, Tunisia menjadi tempat populer para imigran untuk berangkat ke Eropa melalui jalur laut.

Di Tunisia, ada lebih dari 70 mayat imigran yang tenggelam pada Sabtu (22/4/2023).

Penjaga pantai di Tunisia telah mengevakuasi puluhan mayat hingga memenuhi kamar mayat.

Pejabat pengadilan Tunisia, Faouzi Masmoudi, mengatakan situasinya menjadi parah sehingga menimbulkan risiko kesehatan masyarakat, dikutip dari TVP World.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini