News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Konflik Rusia Vs Ukraina

Bela Ukraina, 3 Negara Kecam Rusia saat Pimpin KTT Dewan Keamanan PBB di New York

Penulis: Yunita Rahmayanti
Editor: Whiesa Daniswara
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Menteri Luar Negeri Rusia, Sergei Lavrov, saat memimpin KTT Dewan Keamanan PBB di New York, AS, pada Senin (24/4/2023). - Tiga diplomat Barat dari AS, Inggris, dan Swiss mencaci Sergei Lavrov atas invasi Rusia di Ukraina. Sergei Lavrov memberi jawaban menurut sudut pandang Rusia.

TRIBUNNEWS.COM - Sejumlah diplomat Barat mengecam Menteri Luar Negeri Rusia, Sergei Lavrov, yang memimpin Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Dewan Keamanan PBB di New York, AS, pada Senin (24/4/2023).

Rusia yang saat ini menjadi presiden Dewan Keamanan PBB, menghadiri KTT bertajuk "Pemeliharaan Perdamaian dan Keamanan Internasional".

Duta besar PBB Amerika Serikat (AS) Linda Thomas-Greenfield, Barbara Woodward dari Inggris Raya, dan Pascale Baeriswyl dari Swiss memanfaatkan pidato mereka untuk menyerang Menlu Rusia atas invasi negaranya di Ukraina.

Ketiganya menyuarakan kritik keras dan langsung terhadap Rusia dan Sergei Lavrov.

“Pemimpin munafik kita hari ini, Rusia, menginvasi tetangganya, Ukraina, dan menyerang jantung Piagam PBB," kata Linda Thomas-Greenfield, dikutip dari CNN Internasional.

Baca juga: Vladimir Putin Teken Dekrit Pengambilalihan Aset Rusia dari Dua Perusahaan Asing

"Perang ilegal, tidak beralasan, dan tidak perlu ini secara langsung bertentangan dengan prinsip kita yang paling umum – bahwa perang agresi dan penaklukan teritorial tidak pernah dapat diterima,” lanjutnya.

“Saat kita duduk di sini, agresi itu berlanjut. Saat kami duduk di sini, pasukan Rusia terus membunuh dan melukai warga sipil. Saat kita duduk di sini, pasukan Rusia sedang menghancurkan infrastruktur penting Ukraina," katanya.

"Saat kami duduk di sini, kami mempersiapkan diri untuk Bucha berikutnya, Mariupol berikutnya, Kherson berikutnya, kejahatan perang berikutnya, kekejaman berikutnya,” tambahnya.

Ia yang duduk di sebelah Sergei Lavrov terus mencecar pihak Rusia selama pidatonya.

“Invasi Rusia ke Ukraina, yang melanggar Piagam PBB dan hukum internasional, menyebabkan penderitaan dan kehancuran besar-besaran bagi negara dan rakyatnya, serta menambah dislokasi ekonomi global yang dipicu oleh pandemi Covid-19,” katanya.

"Ini tidak hanya menyangkut Ukraina atau Eropa. Karena hari ini Ukraina, tapi besok bisa jadi negara lain," tambahnya.

NEW YORK, NEW YORK - 05 MEI: Anggota Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), Dewan Keamanan menghadiri pertemuan tentang situasi yang sedang berlangsung di Ukraina pada 05 Mei 2022 di New York City. António Guterres, Sekretaris Jenderal PBB, telah menekankan perlunya mengakhiri perang di Ukraina dan untuk memulihkan produksi pertanian Ukraina serta produksi pangan dan pupuk Rusia sebelum negara-negara menghadapi krisis pangan yang parah. (Spencer Platt/Getty Images/AFP)

Baca juga: Ukraina Klaim Pasukan Rusia Deportasi Paksa Warga Sipil di Kherson

Sementara itu, Duta Besar PBB dari Inggris Raya juga menyerang Sergei Lavrov melalui pidatonya.

"Dunia telah melihat apa arti gagasan multilateralisme Rusia bagi dunia, yang menginjak-injak Piagam PBB dan perang yang telah membawa penderitaan yang tak terbayangkan ke Ukraina dan menjadi bencana yang tak tanggung-tanggung bagi Rusia juga," kata Barbara Woodward.

Rusia menduduki kursi Presiden Dewan Keamanan PBB pada 1 April 2023, peristiwa yang digambarkan sebagai 'lelucon April Mop'.

Menteri Luar Negeri Rusia, Sergei Lavrov, berpose setelah bertemu dengan Sekretaris Jenderal PBB, Antony Gutteres di New York, AS, pada Senin (24/4/2023). (MFA Russia)

Baca juga: Rusia Kecam AS yang Tolak Visa Jurnalisnya untuk Liput Acara PBB di New York

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini