News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

AS akan Kirim 7 Kendaraan Militer ke Filipina setelah Marcos Jr Temui Joe Biden

Penulis: Yunita Rahmayanti
Editor: Nuryanti
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Presiden Filipina Ferdinand Marcos Jr. berjalan bersama Presiden AS Joe Biden dalam pertemuan di Gedung Putih, Washington DC, Amerika Serikat pada 1 Mei 2023. Pertemuan ini untuk memperkuat hubungan AS dan Filipina di bidang pertanian, listrik, infrastruktur, dan teknologi.

TRIBUNNEWS.COM - Presiden Amerika Serikat, (AS) Joe Biden, mengatakan negaranya akan mengirim tujuh kendaraan militer ke Filipina.

AS berencana mengirim empat kapal patroli dan tiga pesawat angkut militer C-130H ke Filipina untuk meningkatkan kemampuan pertahanan negara itu.

AS menyatakan komitmennya kepada Presiden Filipina, Marcos Jr, dalam kunjungannya ke Gedung Putih, pada Senin (1/5/2023).

Sebelumnya, AS telah memindahkan dua kapal patroli pantai kelas Topan ke Filipina pada akhir April 2023, seperti diberitakan Sputnik.

Lembar fakta dari pertemuan AS dan Filipina berisi pernyataan untuk mempererat hubungan bilateral, terutama kerja sama militer.

Baca juga: Presiden Filipina Temui Joe Biden di Washington

Dalam lembar fakta AS dan Filipina, kedua negara itu mengadopsi Pedoman Pertahanan Bilateral untuk memperdalam kerja sama keamanan dan interoperabilitas di darat, laut, udara, ruang angkasa, dan dunia maya.

Presiden Filipina, Ferdinand Marcos Jr mengatakan dalam pidatonya, dia menentang provokasi militer dan tidak akan mengubah Filipina menjadi pos pementasan untuk kampanye militer negara mana pun.

Pejabat AS menyambut Presiden Filipina Ferdinand Marcos Jr. dan istrinya, Louise Marcos, yang tiba di Washington DC untuk kunjungan resmi selama lima hari, sejak 1 Mei 2023. (bongbongmarcos)

Baca juga: Para penduduk kepulauan di Filipina yang menenun mimpi-mimpi mereka

Pertemuan Presiden Joe Biden dan Marcos Jr

Pertemuan Presiden AS Joe Biden dan Presiden Filipina Marcos Jr berlangsung di tengah ketegangan dengan China.

"Kami menghadapi tantangan baru, dan saya tidak bisa memikirkan mitra yang lebih baik daripada Anda," kata Joe Biden di samping Presiden Ferdinand Marcos Jr. selama sambutan singkat di Oval Office sebelum para pemimpin mengadakan pertemuan tertutup.

“Amerika Serikat juga tetap teguh dalam komitmen kami untuk membela Filipina, termasuk di Laut China Selatan, dan kami akan terus mendukung tujuan modernisasi militer Filipina,” tambahnya, dikutip dari Anadolu Agency.

Presiden Filipina Ferdinand Marcos Jr. berbicara dengan Sekretaris Thomas James Vilsack dari Departemen Pertanian AS, yang akan memprioritaskan penelitian dan pengembangan pertanian bersama Filipina. Pertemuan ini merupakan bagian dari agenda Presiden Ferdinand Marcos Jr. dalam kunjungannnya ke Gedung Putih pada 1 Mei 2023. (bongbongmarcos)

Baca juga: Amerika Tuduh China Intimidasi Kapal Filipina di Laut China Selatan

AS sebelumnya mengeluarkan dukungan penuh untuk Filipina dan setiap serangan terhadap militer Filipina di Pasifik akan mendapat jaminan pertahanan AS.

“Wajar bagi Filipina untuk melihat satu-satunya mitra perjanjiannya di dunia untuk memperkuat dan mendefinisikan kembali hubungan yang kita miliki, dan peran yang kita mainkan, dalam menghadapi ketegangan yang meningkat yang kita lihat sekarang di sekitar Selatan. Laut China dan kawasan Asia-Pasifik dan Indo-Pasifik," katanya.

AS dan Filipina menyatakan komitmen mereka terhadap kebebasan navigasi dan penerbangan di Laut China Selatan serta hak kedaulatan Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE).

Kedua negara ini berharap untuk membangun kerja sama trilateral antara Filipina, Jepang, dan AS serta Filipina, Australia, dan AS.

(Tribunnews.com/Yunita Rahmayanti)

Berita lain terkait Konflik AS VS China

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini