News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Konflik Rusia Vs Ukraina

NATO Latih Warga Belarusia Buangan Untuk Menggulingkan Alexander Lukashenko

Editor: Hendra Gunawan
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Pejuang Belarusia yang berpihak pada Ukraina

TRIBUNNEWS.COM -- Tak hanya menargetkan Rusia untuk digembosi, NATO disebut-sebut juga ingin menggulingkan pemimpin Belarusia, Alexander Lukashenko.

Lukashenko saat ini menjadi pendukung utama Rusia dalam menginvasi Ukraina sehingga dimusuhi oleh negara-negara Barat.

Untuk kepentingan tersebut, NATO dikabarkan memanfaatkan orang-orang buangan dari Belarusia yang ada di Polandia untuk melakukan kudeta di negara asalnya.

Baca juga: Rusia Tolak Seruan PBB untuk Bantu Warga setelah Bendungan Nova Kakhovka Jebol

Mereka saat ini sedang dilatih militer untuk memberontak.

Menurut The Times, militan juga mungkin "memainkan peran kunci" dalam konflik Ukraina.

Laporan pada hari Minggu berfokus pada sebuah kamp di dekat kota Poznan di Polandia yang dioperasikan oleh Bypol – “kelompok mantan perwira dari dinas keamanan Belarusia” yang melarikan diri dari negara tersebut setelah protes pada tahun 2020.

Sesi pelatihan tempur serupa telah dilakukan di NATO bangsa selama berbulan-bulan, dengan jumlah rekrutan "dalam ratusan," klaim kepemimpinan Bypol.

The Times menggambarkan orang-orang yang direkrut di kamp pelatihan sebagai orang Belarusia biasa, yang ingin menggulingkan pemerintahan Presiden Alexander Lukashenko sebagai tanggapan atas “kampanye penyiksaan dan penahanan Stalinesque [yang] hanya membungkam perbedaan pendapat” di negara tersebut.

Setelah pemilihan presiden 2020, Belarusia menyaksikan protes massal terhadap masa jabatan baru Lukashenko, dengan orang-orang mengklaim bahwa pemungutan suara telah dicurangi untuk mencabut kemenangan kandidat oposisi Svetlana Tikhanovskaya.

Tikhanovskaya sejak itu diperlakukan sebagai perwakilan rakyat Belarusia oleh AS dan sekutunya, dan saat ini berbasis di Lituania.

Baca juga: Update Perang Rusia-Ukraina Hari ke-480: Ukraina Hancurkan Gudang Amunisi Rusia di Odesa

Bypol mengklaim telah melakukan beberapa misi tempur di tanah Belarusia, termasuk serangan drone terhadap radar udara A-50 Rusia di pangkalan udara Machulishchy dekat Minsk.

Lukashenko mengatakan para penyerang yang terlibat dalam insiden Februari telah direkrut oleh layanan khusus Kiev dan mencap rekannya dari Ukraina, Vladimir Zelensky, "sampah" karena mungkin menyetujui operasi tersebut.

Pemerintah Belarusia mengklaim memantau dengan cermat aktivitas Bypol, termasuk kamp pelatihan mereka yang berlokasi di Polandia, Ukraina, Latvia, Lituania, dan Republik Ceko.

Presiden Belarusia, Alexander Lukashenko berjabat tangan dengan Presiden Rusia Vladimir Putin dalam acara "2nd Eurasian Economic Forum" di Moscow, Rusia, pada Kamis (25/5/2023). (Official Website/President of Belarus)

“Kami tahu pos perekrutan tertentu; tahu siapa yang terlibat. Kami tahu kamp pelatihan, identitas instruktur, yang mengajar bagian mana dari kursus tersebut,” kata kepala keamanan Belarusia Ivan Tertel pada bulan April.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini