News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Kapal Kargo Pembawa 500 Kendaraan Listrik di Belanda Terbakar, 7 ABK Nekat Lompat ke Laut

Penulis: Yunita Rahmayanti
Editor: Garudea Prabawati
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Foto selebaran yang diambil dan dirilis pada 26 Juli 2023 oleh penjaga pantai Belanda ini menunjukkan kebakaran di atas kapal pengangkut mobil yang terdaftar di Panama, Fremantle Highway, di lepas pantai pulau Ameland, Belanda utara. Petugas pemadam kebakaran Belanda berjuang untuk hari kedua, pada 27 Juli 2023, untuk memadamkan kobaran api di kapal kargo di lepas pantai Belanda yang diduga dipicu oleh mobil listrik. Fremantle Highway, sebuah kapal berbendera Panama tetap ditambatkan ke kapal penyelamat untuk mempertahankan posisinya sekitar 14,5 mil laut di utara pulau Belanda Ameland, kata Penjaga Pantai Belanda. Seorang pelaut tewas dan beberapa lainnya luka-luka setelah kebakaran terjadi di kapal pengangkut mobil di lepas pantai Belanda pada 26 Juli. Handout / Penjaga Pantai Belanda / AFP

TRIBUNNEWS.COM - Kapal pengangkut mobil terbakar di lepas pantai Belanda sejak Selasa (25/7/2023) malam hingga Jumat (28/7/2023).

Petugas penyelamat berusaha mencegahnya tenggelam karena potensi bencana lingkungan.

Namun, upaya pemadaman terbukti sulit, seperti diberitakan DW.

Perusahaan penyewaan kapal, "K" Line, mengatakan kapal itu membawa hampir 500 kendaraan listrik dan ribuan kendaraan lainnya.

Jumlah kendaraan listrik ini jauh lebih banyak dari 25 yang awalnya dilaporkan oleh penjaga pantai.

Kebakaran terjadi di Kapal Fremantle yang terdaftar di Panama, yang membawa mobil-mobil baru, mengakibatkan kematian seorang awak kapal India.

Selain itu, tujuh orang lainnya yang melompat ke laut untuk menghindari kobaran api.

"Ada 3.783 kendaraan di dalamnya, termasuk 498 baterai kendaraan listrik," kata juru bicara K Line (Kawasaki Kisen Kaisha) yang berbasis di Tokyo, yang telah mencarter kapal tersebut, dikutip dari Reuters.

Baca juga: Ini Kapal Perang, Tank, dan Rudal yang Akan Dikerahkan TNI AL Dalam Manuver Lapangan Latgab 2023

Dia menolak untuk mengatakan apapun tentang merek mobil tersebut, termasuk apakah itu termasuk mobil dari pabrikan Jepang atau tidak.

Penjaga pantai mengatakan di situs webnya, Kamis (27/7/2023), penyebab kebakaran tidak diketahui.

Namun, petugas tanggap darurat terdengar dalam rekaman yang dirilis oleh penyiar Belanda RTL yang mengatakan kebakaran dimulai dari baterai mobil listrik.

Diduga, baterai lithium-ion EV terbakar dengan energi dua kali lipat dari api biasa.

Pejabat maritim dan perusahaan asuransi mengatakan industri tidak dapat mengimbangi risikonya.

Penyebab Kebakaran Belum Diketahui

Foto selebaran yang diambil dan dirilis pada 26 Juli 2023 oleh penjaga pantai Belanda ini menunjukkan kebakaran di atas kapal pengangkut mobil yang terdaftar di Panama, Fremantle Highway, di lepas pantai pulau Ameland, Belanda utara. Petugas pemadam kebakaran Belanda berjuang untuk hari kedua, pada 27 Juli 2023, untuk memadamkan kobaran api di kapal kargo di lepas pantai Belanda yang diduga dipicu oleh mobil listrik. Fremantle Highway, sebuah kapal berbendera Panama tetap ditambatkan ke kapal penyelamat untuk mempertahankan posisinya sekitar 14,5 mil laut di utara pulau Belanda Ameland, kata Penjaga Pantai Belanda. Seorang pelaut tewas dan beberapa lainnya luka-luka setelah kebakaran terjadi di kapal pengangkut mobil di lepas pantai Belanda pada 26 Juli. Handout / Penjaga Pantai Belanda / AFP (Handout / Penjaga Pantai Belanda / AFP)

Baca juga: 25 Orang Tewas setelah Kapal Terbalik di Filipina, 40 Lainnya Berhasil Diselamatkan

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini