News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Konflik Palestina Vs Israel

MUI Minta Pemerintah Turut Laporkan Israel ke ICJ seperti Afrika Selatan dan Malaysia

Penulis: Yohanes Liestyo Poerwoto
Editor: Nanda Lusiana Saputri
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Orang-orang berpegangan tangan saat memeriksa kerusakan pada bangunan yang hancur akibat pemboman Israel di Rafah di Jalur Gaza selatan pada 29 Desember 2023, di tengah pertempuran yang sedang berlangsung antara Israel dan kelompok militan Palestina Hamas. - MUI meminta agar Pemerintah Indonesia turut melaporkan Israel ke ICJ seperti Afrika Selatan dan Malaysia terkait agresi ke Palestina.

TRIBUNNEWS.COM - Majelis Ulama Indonesia (MUI) meminta pemerintah Indonesia turut melaporkan Israel ke Mahkamah Internasional atau International Court Justice (ICJ) atas agresi brutal yang dilakukan ke Gaza, layaknya Afrika Selatan dan Malaysia.

Wakil Ketua MUI, Anwar Abbas mengatakan, upaya semacam itu perlu dilakukan lantaran agresi Israel ke Gaza sudah tidak berperikemanusiaan dan keadilan.

Anwar menilai, hingga saat ini, serangan Israel ke Gaza sudah dianggapnya seperti genosida lantaran puluhan ribu warga sipil menjadi korban.

"Kita mengharapkan pemerintah tentu juga harus melakukan hal serupa karena apa yang dilakukan oleh Israel tersebut benar-benar sudah tidak lagi menghormati nilai-nilai perikemanusiaan dan perikeadilan."

"Karena Israel tidak hanya sekadar merampas dan menginvasi tanah dan daerah serta wilayah Palestina tapi juga telah melakukan tindakan genosida," katanya dalam keterangan tertulis, Kamis (4/1/2024).

Anwar juga menganggap perang Hamas-Israel di Gaza bukanlah peperangan biasa tetapi sudah masuk dalam tragedi kemanusiaan.

Baca juga: Dituduh Afrika Selatan Lakukan Genosida di Gaza hingga Dilaporkan ke ICJ, Israel Salahkan Hamas

Dia pun turut mendorong negara-negara di dunia untuk menekan Amerika Serikat (AS) dan sekutu Israel lainnya agar tidak terus menerus membantu dalam agresi ke Gaza.

"Untuk itu dunia tidak boleh diam tapi harus terus melakukan tekanan-tekanan tidak hanya terhadap Israel tapi juga terhadap Amerika Serikat dan sekutu-sekutunya agar Israel menghentikan semua tindak kebiadaban yang dilakukannya."

"Karena bagaimanapun juga sikap Israel dalam penyelesaian masalah Palestina sangat terkait erat dengan sikap dari Amerika Serikat dan sekutu-sekutunya tersebut," ujarnya.

Lebih lanjut, Anwar mengatakan, peran Indonesia sangat penting untuk melaporkan Israel ke ICJ lantaran juga merupakan amanat dari konstitusi.

"Untuk itu peran Indonesia dalam mempengaruhi sikap dan pandangan masyarakat dunia tentu menjadi sangat penting apalagi hal ini sudah merupakan amanat dari konstitusi kita di mana pemerintah dituntut untuk ikut serta melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan sosial," tandasnya.

Afrika Selatan Laporkan Israel ke ICJ, Didukung Malaysia

Asap mengepul di atas Khan Yunis dari Rafah di jalur Gaza selatan selama pemboman Israel pada 2 Januari 2024 di tengah konflik yang sedang berlangsung antara Israel dan kelompok militan Palestina Hamas. (AFP)

Sebelumnya, Afrika Selatan sudah mengajukan tuntutan hukum terhadap Israel ke ICJ lantaran telah melakukan kejahatan genosida terhadap warga Palestina di Gaza seusai perang pecah sejak 7 Oktober 2023 lalu.

Dikutip dari BBC, berdasarkan permohonan yang diajukan, Afrika Selatan menggambarkan bahwa tindakan Israel di Gaza layaknya genosida karena dimaksudkan untuk menghancurkan sebagian besar kelompok nasional, ras, dan etnis Palestina.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini