News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Konflik Palestina Vs Israel

Israel Mulai Krisis Senjata: Setelah AS dan Jepang, Dua Sekutu Sepakat Hentikan Pasokan Amunisi

Penulis: Namira Yunia Lestanti
Editor: Hendra Gunawan
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

INFANTERI IDF - Pasukan Israel (IDF) berbaris dalam formasi saat melakukan agresi militer ke Jalur Gaza.

TRIBUNNEWS.COM, ANKARA –  Israel kini mulai mengalami krisis senjata yang dipakai untuk membombardir wilayah Palestina. Selain boros pemakaian amunisi, negara-negara sahabatnya pun kini mulai enggan memasok alat-alat dan amunisi untuk negara zionis tersebut.

Dua negara anggota Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO), Belgia dan Italia sepakat untuk menghentikan semua ekspor senjata, amunisi perang serta bahan peledak bubuk mesiu ke Israel.

Penangguhan tersebut dilakukan setelah Mahkamah Internasional menentang invasi dan aksi genosida yang dilakukan Israel hingga menyebabkan lonjakan korban jiwa yang mencapai 27.000 orang, sebagaimana dikutip dari Anadolu Ajansı.

Baca juga: Rincian Butir-butir Proposal Gencatan Senjata Hamas Vs Israel, 4 Negara Ini Harus Jadi Jaminan  

Dalam keterangan tertulisnya Pemerintah regional Wallonia di Belgia menjelaskan bahwa pihaknya akan mengambil langkah tegas terhadap tindakan genosida yang dilakukan Israel , salah satunya dengan menangguhkan dua izin yang diberikan kepada perusahaan PB Clermont yang kerap memasok senjata ke Israel.

“Izin ekspor yang diberikan pada awal 2023 kepada pabrik amunisi PB Clermont yang berlokasi di Engis (Liège) kini ditangguhkan oleh Menteri-Presiden Wallonia Elio Di Rupo sesuai Perintah Mahkamah Internasional ,” kata Menteri Perumahan Belgia, Christophe Collignon.

“Adapun penangguhan MOU ini akan dilakukan mulai akhir bulan Februari 2024,” imbuh Collignon.

Hal serupa juga turut dilakukan Pemerintah Italia, lewat pengumuman yang dirilis Menteri Luar Negeri Antonio Tajani, ia mengungkapkan bahwa negaranya saat ini telah menghentikan pasokan senjatanya kepada pabrik - pabrik Israel meski Perdana Menteri Israel Benyamin Netanyahu terus mendesak agar segera mengirimkan senjata tambahan ke tentara yang berada di jalur Gaza.

Daftar negara yang Setop Dukung Israel

Selain Belgia dan Italia, sejumlah negara besar lainnya telah lebih dulu melakukan langkah serupa dengan memutus semua kerjasama ekspor senjata dengan tujuan untuk menghentikan genosida di Gaza.

Seperti perusahaan asal Jepang Itochu Corp yang menyatakan bahwa unit penerbangan mereka akan menghentikan kerja sama dengan perusahaan senjata Israel Elbit Systems Ltd. pada akhir Februari karena perang di Jalur Gaza.

Baca juga: Begini Respons Kantor PM Netanyahu atas Usulan Hamas Gencatan Senjata 135 Hari, Dibagi 3 Tahap

Kepala Keuangan Itochu Tsuyoshi Hachimura menuturkan keputusan itu diambil setelah Mahkamah Internasional memerintahkan Israel bulan lalu untuk mencegah tindakan genosida terhadap warga Palestina.

Disusul langkah presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden yang baru – baru ini tengah mempertimbangkan rencana menghentikan ekspor senjata ke Israel. Tak sampai disitu Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Amerika juga sepakat untuk membatalkan transfer dana bantuan militer sebesar 17,6 miliar dolar AS atau sekitar Rp 276 triliun untuk Israel.

"DPR AS menolak rancangan undang-undang bantuan untuk Israel yang diperkenalkan oleh Partai Republik pada akhir pekan lalu, karena tidak diajukan dengan itikad baik," kata Pemimpin Minoritas Demokrat di DPR Hakeem Jeffries, sebagaimana dikutip dari Reuters.

Kemudian ada Australia yang juga ikut menunda pengiriman senjata dan arteri tempur untuk militer Israel. Pengereman terjadi pasca perang di Gaza pecah pada 7 Oktober lalu, sejak saat itu pemerintahan Perdana Menteri Australia Anthony Albanese mulai mengabaikan permintaan PM Israel Benyamin Netanyahu untuk melakukan persetujuan ekspor senjata dan peralatan militer.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini