News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Konflik Palestina Vs Israel

Militer Yaman Sekutu Houthi: Kapal Curah AS Star Iris Kena Hantaman Langsung Rudal di Laut Merah

Penulis: Hasiolan Eko P Gultom
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Juru bicara militer Huthi, Brigadir Yahya Saree, menyampaikan pernyataan tentang serangan baru-baru ini terhadap dua kapal komersial di Laut Merah saat demonstrasi solidaritas dengan rakyat Gaza di ibu kota Sanaa, (15 Desember 2023). Tentara Huthi Yaman menyerang sebuah kapal kargo di Laut Merah pada tanggal 15 Desember, menyebabkan kebakaran di dek dalam serangkaian serangan terbaru yang terjadi hampir setiap hari di jalur air yang penting secara komersial tersebut. Kelompok Huthi yang didukung Iran, yang menguasai sebagian besar Yaman namun tidak diakui secara internasional, mengatakan bahwa mereka menargetkan pengiriman untuk menekan Israel selama perang dua bulan dengan pejuang Hamas Palestina di Jalur Gaza. (MOHAMMED HUWAIS/AFP)

Militer Yaman Sekutu Houthi: Kapal Curah AS Star Iris Kena Hantaman Langsung Rudal di Laut Merah

TRIBUNNEWS.COM - Juru Bicara Angkatan Bersenjata Yaman (YAS), Brigadir Jenderal Yahya Saree, mengumumkan dalam pernyataan singkat pada Selasa (12/2/2024) kalau pihaknya menyerang Star Iris di Laut Merah.

Militer Yaman yang terafiliasi gerakan Ansarallah (Houthi) itu menyebut, kapal Amerika yang mengangkut minyak curah itu menjadi sasaran sejumlah rudal angkatan laut mereka.

Saree mengklaim, serangan mengenai langsung kapal tersebut.

Baca juga: Kapal HMS Diamond Inggris Balik Kanan Kena Serangan di Laut Merah, Houthi Tak Mundur Dukung Gaza

Menurut pernyataan tersebut, operasi ini dilakukan sebagai bentuk solidaritas terhadap rakyat Palestina sekaligus  sebagai respons terhadap agresi AS-Inggris terhadap Yaman.

Angkatan Bersenjata Yaman menegaskan akan melanjutkan serangan-serangan dan blokade Laut Merah untuk mencegah kapal atau kapal Israel menuju pelabuhan Palestina yang diduduki sampai agresi terhadap Jalur Gaza berhenti.

Saree mengatakan pasukan Yaman tidak akan ragu untuk melakukan lebih banyak serangan sebagai respons terhadap kejahatan Zionis terhadap warga di Jalur Gaza.

HANCURKAN KAPAL- Yaman melancarkan serangan baru terhadap kapal dagang AS dan Inggris. Kapal Komersial AS Star Nasia dan Kapal Komersial Inggris Morning Tide Dirudal Yaman di Laut Merah (Tangkapan layar Twitter/@yemen_sameer)

Tegaskan Blokade Laut Merah Berlanjut Sampai Agresi Israel di Gaza Berhenti

Pada tanggal 6 Februari, Saree mengumumkan bahwa Angkatan Laut Yaman melakukan dua operasi militer di Laut Merah yang menargetkan kapal-kapal milik AS dan Inggris.

Menurut juru bicara tersebut, operasi pertama menargetkan kapal AS Star Nasia, sementara operasi lainnya menargetkan British Morning Tide menggunakan “rudal angkatan laut yang sesuai” dan menekankan bahwa “serangannya langsung dan akurat.”

Sebelumnya, anggota Dewan Politik Tertinggi Yaman, Mohammad Ali al-Houthi, menegaskan YAF akan bertahan selama agresi dan pengepungan Israel di Jalur Gaza masih berlangsung.

Al-Houthi menambahkan bahwa operasi Yaman akan berakhir ketika makanan, obat-obatan, dan kebutuhan kemanusiaan mencapai seluruh wilayah Gaza “dan kejahatan yang mengerikan dan keji, serta kejahatan genosida terhadap rakyat Gaza, terhenti.”

(oln/almydn/*)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini