News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Konflik Palestina Vs Israel

Israel Pura-pura Buta di ICJ, Salahkan Semua Pihak Kecuali Dirinya Sendiri Atas Aib Sendiri

Penulis: Hasiolan Eko P Gultom
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Hakim yang dipimpin oleh Presiden ICJ Joan Donoghue (tengah) menghadiri sidang di Mahkamah Internasional (ICJ) sebelum keputusan gugatan yang diajukan oleh Ukraina terhadap Rusia pada tahun 2017, atas jatuhnya penerbangan MH17, di Den Haag, pada 31 Januari 2024.

Israel Pura-pura Buta di ICJ, Jurnalis Israel: Salahkan Semua Pihak Kecuali Dirinya Sendiri Atas Aib Sendiri

TRIBUNNEWS.COM - Sebuah laporan dari media Khaberni mengulas kalau perang di Jalur Gaza telah membawa negara pendudukan Israel ke tingkat penurunan citra dan popularitas yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Namun, Israel belum mengambil tindakan apa pun untuk meningkatkan citra dan status internasionalnya.

Ulasan itu menyoroti artikel Haaretz yang berjudul “Israel menyalahkan semua orang kecuali dirinya sendiri atas aibnya sendiri,” oleh jurnalis Israel Gideon Levy.

Baca juga: Israel Mundur dari Perjanjian Gencatan Senjata, Hamas: Kawasan Ini Tak Akan Tenang

Dalam tulisannya, Levy mengungkapkan persepsinya mengenai posisi Israel di antara negara-negara di dunia.

Ia menekankan, tidak ada negara lain yang sangat membutuhkan keberanian dan kebanggaan nasional seperti Israel, yang mampu mengubah pencapaian kecil menjadi peristiwa besar.

Menurut Levy, Israel menghindari diskusi dan pembicaraan mengenai pendudukannya yang jelas-jelas melanggar hukum.

Alih-alih begitu, Israel malah menyalahkan anti-Semitisme dan menggaungkan dalil kemunafikan global.

Hal itu dipertontonkan dalam sidang di Mahkamah Internasional (ICJ) di Den Haag mengenai “Konsekuensi Hukum yang timbul dari Kebijakan dan Praktik Israel di Wilayah Pendudukan Palestina, termasuk Yerusalem Timur.”

Israel, kata Levy, sengaja pura-pura tidak melihat realitas yang terjadi di Gaza dan pola pendudukan mereka di Tepi Barat.

"Dengan secara sengaja, Israel menahan diri untuk tidak menentang tuduhan yang dilontarkan terhadapnya, seolah-olah mengatakan, “Jika kita menutup mata, mereka tidak akan melihat kita. Jika kita mengabaikan Den Haag, maka Den Haag (persidangan ICJ) akan hilang,” tulis Levy.

Namun, Den Haag tetap bertahan. Sesi-sesinya tegas, tak tergoyahkan, dan serius mengenai tuduhan genosida. Dan mereka melakukan lebih dari itu dengan mengatasi masalah pendudukan.

Namun, Israel memilih untuk mengabaikannya.

Dari Pendudukan Hingga Ketegangan Agama Secara Global

Iran, Irak, Irlandia, Jepang, dan Yordania Menolak Kekerasan di Gaza. Mereka mengecam dampak pendudukan Israel di wilayah Palestina pada sidang di Den Haag.

Halaman
1234
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini