News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Konflik Palestina Vs Israel

Netanyahu Dinilai Bertanggung Jawab atas Penyerangan yang Tewaskan Puluhan Pemukim Israel pada 2021

Penulis: Muhammad Barir
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu memimpin rapat kabinet mingguan di Kementerian Pertahanan di Tel Aviv pada 7 Januari 2024.

Netanyahu Dinilai Bertanggung Jawab atas Penyerangan yang Tewaskan Puluhan Pemukim Israel pada 2021

TRIBUNNEWS.COM- Perdana Menteri Benjamin Netanyahu dinyatakan secara pribadi bertanggung jawab atas penyerbuan mematikan pada tahun 2021 lalu.

Kesalahan ini muncul karena Netanyahu juga dituduh gagal mencegah peristiwa 7 Oktober

Penyelidikan negara Israel menyebut Perdana Menteri Benjamin Netanyahu sebagai salah satu dari beberapa pejabat yang bertanggung jawab atas penyerbuan Meron yang mematikan, yang menewaskan puluhan pemukim di Israel utara pada tahun 2021.

Temuan ini akhirnya dipresentasikan pada 6 Maret setelah hampir tiga tahun. Komite juga menyalahkan Ketua Knesset Amir Ohana, menteri keamanan publik saat itu, kepala polisi Kobi Shabtai, dan beberapa orang lainnya.

“Ada dasar yang masuk akal untuk menyimpulkan bahwa Netanyahu mengetahui bahwa situs makam Rashbi telah ditangani secara tidak benar selama bertahun-tahun, dan bahwa hal tersebut dapat menimbulkan bahaya bagi massa yang mengunjungi situs tersebut, terutama pada [hari raya Yahudi] Lag B. 'Omer,' kata panitia.

Baca juga: Netanyahu Beri Izin Jemaah Masuk Masjid Al-Aqsa saat Ramadhan, tapi Hanya Berlaku di Pekan Pertama

“Bahkan jika, demi kehati-hatian, kami berasumsi Netanyahu tidak memiliki pengetahuan konkrit mengenai masalah ini, dia seharusnya mengetahuinya setelah masalah tersebut dibawa ke kantornya berkali-kali,” tambahnya.

Masalah ini dibawa ke meja pemerintah beberapa kali selama bertahun-tahun, termasuk ketika Netanyahu menjadi perdana menteri.

Media Ibrani melaporkan pada 6 Maret bahwa Jaksa Agung Israel Gali Baharav-Miara akan secara resmi meluncurkan kembali penyelidikan kriminal atas insiden Meron tahun 2021.

Menteri Urusan Yerusalem Meir Porush mengatakan temuan komite tersebut akan diterapkan menjelang ibadah haji tahunan pada bulan Mei.

Gunung Meron, yang beberapa kali dilanda Hizbullah dalam beberapa bulan terakhir, menjadi lokasi penyerbuan besar-besaran pada bulan April 2021. Seratus ribu orang pergi ke sana untuk berziarah tahunan ke makam seorang Rabi abad ke-2.

Orang-orang bergegas keluar dari kompleks dekat gunung dan tersandung, dan orang-orang yang mengikuti di belakang mereka tanpa sadar menginjak-injak mereka, mengakibatkan 45 kematian.

Pada hari Rabu, pemimpin oposisi Israel dan mantan perdana menteri Yair Lapid mengatakan bencana berikutnya hanya masalah waktu jika Netanyahu tetap menjabat. Lapid berulang kali menuduh Netanyahu membahayakan Negara Israel, terutama sejak perang Gaza dimulai pada bulan Oktober.

Anggota kabinet perang, mantan menteri pertahanan, dan pemimpin oposisi Benny Gantz menyebut laporan komisi tersebut sebagai laporan penyelamatan jiwa yang harus dipelajari di semua kementerian pemerintah.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini