News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Jalur Hokuriku Shinkansen Rute Kanazawa-Tsuruga Jepang Dibuka, Perjalanan Tokyo-Fukui Hanya 3 Jam

Editor: Dewi Agustina
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Poster Hokuriku Shinkansen raksasa di pasang di Stasiun Tsuruga Fukui prefektur menyambut kehadiran kereta peluru Hokuriku Shinkansen. Pemberhentian kereta peluru Shinkansen dari Kanazawa ke Tsuruga Fukui dimulai operasinya, Sabtu (16/3/2024).

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Jepang

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO - Jalur Hokuriku Shinkansen antara Kanazawa dan Tsuruga Fukui Jepang dibuka, Sabtu (16/3/2024).

Perjalanan hanya butuh waktu 3 jam dari jalur Tokyo ke Tsuruga, Fukui.

Sebelumnya shinkansen dari Tokyo hanya berhenti sampai Kanazawa.

"Saya terkejut begitu banyak orang yang menyambut kita untuk Hokuriku Shinkansen ini. Saya kira itu beban tanggung jawab yang besar untuk sejarah jalur utama. Terima kasih banyak atas semua yang telah dilakukan selama ini serta kerja sama semua pihak," kata Hisashi Oka, Wakil Presiden JR Cabang Kanazawa Barat saat upacara penyambutan.

Baca juga: Mulai 1 April 2024 Shinkansen Jepang Luncurkan Layanan untuk Mengurangi Emisi Karbon Dioksida

Kereta pertama Hokuriku Shinkansen pertama meninggalkan Stasiun Tokyo dan tiba di Stasiun Tsuruga di Prefektur Fukui pukul 09.30 waktu setempat.

Jalur ini diharapkan dapat merangsang permintaan pariwisata nantinya. Ditambah lagi dengan harga perkenalan saat ini menggunakan berbagai diskon.

Pada upacara pemberangkatan yang diadakan di peron Shinkansen Stasiun Tsuruga, stasiun awal di sisi Prefektur Fukui, setelah melodi keberangkatan dimainkan, pada pukul 06.11, kepala stasiun Stasiun Tsuruga dan aktor Aya Nakajo, yang berpartisipasi sebagai tamu khusus, Mi-san berkata serentak, "Keberangkatan mengalami kemajuan."

Di tengah kerumunan yang mengibarkan bendera dan mengarahkan kamera, tepuk tangan meriah saat kereta arah balik nomor 1 perlahan berangkat menuju Tokyo.

Tak lama setelah pukul 09.30, kereta pertama dari Stasiun Tokyo, Kagayaki No. 501, tiba di Stasiun Tsuruga--menghubungkan Tokyo dan Tsuruga hanya dalam waktu tiga jam tanpa transfer.

"Anak saya benar-benar jatuh cinta dengan Kagayaki selama test ride, jadi kita pasti ingin menumpang kereta ini. Tambah semangat kami," kata seorang wanita yang datang dari Prefektur Kyoto bersama putranya.

Seorang pria yang berkunjung dari Prefektur Gifu berkata, "Saya akhirnya mendapatkan tiket setelah menunggu selama tiga jam. Hari ini saya meninggalkan penginapan lebih awal karena saya tidak sabar untuk pergi ke tujuan akhir, Tokyo."

Baca juga: Shinkansen Hentikan Operasional Dampak Taifun di Jepang, Penumpang Kebingungan

Kereta pertama menuju Stasiun Tsuruga Fukui meninggalkan Stasiun Kanazawa tepat pukul 06.00 pagi pada tanggal 16 Maret 2024.

Di ruang tunggu Stasiun Kanazawa, orang-orang mengantre sejak pagi hari untuk menaiki kereta pertama menuju Stasiun Tsuruga, menunggu gerbang tiket dibuka.

Ketika gerbang tiket dibuka pada pukul 05.30 pagi, sejumlah besar penumpang langsung menuju peron dan mengambil foto kenang-kenangan dari destinasi tersebut, "Tsuruga" yang dipajang di sisi Shinkansen.

Upacara untuk merayakan pembukaan diadakan di peron, dan setelah pemotongan pita diadakan oleh Gubernur Prefektur Ishikawa Hase dan yang lainnya, Risako Kinjo, yang berasal dari Tsubata dan memenangkan medali emas gulat wanita di Olimpiade Tokyo, dan adiknya Yukako Tsunemura muncul di depan kereta.

Kereta api supercepat Shinkansen Jepang (Richard Susilo)

Mereka berbaris dengan kepala stasiun dan mengangkat tangan untuk memberi tanda keberangkatan, dan kereta pertama menuju Stasiun Tsuruga, Tsurugi No.1, berangkat.

"Saya ingin menyampaikan simpati terdalam saya kepada semua orang yang terkena dampak Gempa Semenanjung Noto, dan berdoa agar mereka dapat kembali ke kehidupan normal sesegera mungkin."

"Kami berharap arus orang dari wilayah metropolitan Tokyo dan wilayah Shinetsu ke wilayah Hokuriku akan semakin aktif, dan pertukaran antar wilayah Hokuriku akan semakin mendalam," ungkap Presiden JR East Yuji Fukasawa.

Sementara itu bagi para UKM Handicraft dan pecinta Jepang yang mau berpameran di Tokyo dapat bergabung gratis ke dalam whatsapp group Pecinta Jepang dengan mengirimkan email ke: info@sekolah.biz Subject: WAG Pecinta Jepang. Tuliskan Nama dan alamat serta nomor whatsapp.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini