News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Konflik Palestina Vs Israel

Australia Ikuti Spanyol, Negara Barat yang Mengadvokasi Pengakuan Formal Negara Palestina

Penulis: Muhammad Barir
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Bendera Palestina di Markas Besar PBB

Australia Menjadi Negara Terbaru di Barat yang Mengadvokasi Pengakuan Formal Negara Palestina

TRIBUNNEWS.COM- Australia mengikuti Spanyol dalam mempromosikan negara Palestina.

Canberra mengatakan mengakui Palestina akan membantu menggerakkan situasi politik menuju solusi dua negara, sesuatu yang ditolak oleh Israel.

Australia, pada tanggal 9 April, menjadi negara terbaru di negara-negara barat yang mengadvokasi pengakuan formal atas negara Palestina.

“Mengakui negara Palestina – negara yang hanya bisa hidup berdampingan dengan Israel yang aman – tidak hanya menawarkan kesempatan bagi rakyat Palestina untuk mewujudkan aspirasi mereka,” kata Menteri Luar Negeri Australia Penny Wong dalam audiensi di Canberra.

Wong menambahkan bahwa pengakuan negara Palestina “juga akan memperkuat kekuatan perdamaian dan melemahkan ekstremisme.”

Taktik perang asimetris Israel terhadap rakyat Palestina pasca Operasi Banjir Al-Aqsa pada 7 Oktober 2023 telah membuat para diplomat mempertimbangkan kembali untuk menunda pemberian status kenegaraan kepada Palestina.

“Kegagalan pendekatan yang dilakukan semua pihak selama beberapa dekade – serta penolakan Pemerintahan Netanyahu untuk terlibat dalam masalah negara Palestina – telah menyebabkan frustrasi yang luas,” kata Wong.

“Komunitas internasional kini mempertimbangkan pertanyaan tentang kenegaraan Palestina sebagai cara untuk membangun momentum menuju solusi dua negara,” tambah Menteri Luar Negeri Australia.

Namun, para pejabat Israel sebelumnya telah menyatakan ketidaksukaan mereka terhadap solusi dua negara, dengan salah satu pejabat mengatakan, “Solusi dua negara setelah apa yang terjadi pada tanggal 7 Oktober adalah hadiah bagi Hamas.”

Khaled Meshaal, kepala kantor diaspora Hamas, sebelumnya menyuarakan bahwa warga Palestina mengupayakan pembebasan dan kemerdekaan dari negara Israel.

Berbicara kepada Ammar Podcast, Meshaal berkata, “Barat mengatakan bahwa 7 Oktober telah membuka prospek bagi visi politik, sehingga mereka kembali membicarakan komoditas lama mereka, yaitu solusi dua negara.”

Dia menambahkan bahwa “Perbatasan tahun 1967 mewakili 21 persen wilayah Palestina, yang praktis merupakan seperlima dari wilayahnya, jadi hal ini tidak dapat diterima,”

Langkah Wong untuk mengakui negara Palestina mengikuti keputusan Spanyol pekan lalu yang akan mengakui negara Palestina pada bulan Juli.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini