News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Konflik Palestina Vs Israel

Hamas Pelajari Proposal Terakhir, Israel: Jika Ini Ditolak, Kami Lanjut Invasi ke Rafah

Penulis: Yunita Rahmayanti
Editor: Pravitri Retno W
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Hamas membebaskan 78 sander dan Israel melepas 180 tahanan Palestina pada November 2023 lalu. --- Hamas menerima proposal terakhir dari Israel untuk kesepakatan gencatan senjata.

TRIBUNNEWS.COM - Gerakan Palestina, Hamas, telah menerima tanggapan resmi Israel terhadap usulan terbarunya mengenai negosiasi gencatan senjata di Jalur Gaza.

“Hamas hari ini telah menerima tanggapan resmi dari pendudukan Zionis terhadap proposal yang diajukan kepada mediator Mesir dan Qatar pada 13 April,” kata wakil kepala Gaza, Khalil al-Hayya, dalam sebuah pernyataan yang Hamas pada Sabtu (27/4/2024).

Ia mengatakan Hamas akan mempelajari proposal ini dan setelah menyelesaikan studinya, Hamas akan menyampaikan tanggapannya kepada para mediator.

Negosiasi antara Hamas dan Israel telah berlangsung selama lebih dari empat bulan sejak pertukaran tahanan terakhir pada November 2023.

Sebelumnya, Hamas mengatakan terbuka dengan usulan baru jika Israel hendak mengajukannya, seperti diberitakan Al Jazeera.

Israel Ancam Hamas: Setujui Proposal atau Invasi Rafah

Sementara media Israel, Walla, melaporkan pejabat senior Israel menjelaskan kepada mediator Mesir bahwa Israel siap memberikan satu kesempatan terakhir untuk mencapai kesepakatan pertukaran.

Namun, jika tidak ada kemajuan, maka Israel akan melancarkan operasi di Rafah.

Media Amerika Serikat (AS), Axios, mengutip para pejabat Israel yang mengatakan mereka memberitahu Mesir untuk memberikan kesempatan terakhir kepada Hamas.

"Israel siap memberikan satu kesempatan terakhir untuk mencapai kesepakatan dengan Hamas untuk membebaskan para tahanan, sebelum melanjutkan invasi ke kota Rafah di Jalur Gaza bagian selatan," lapor Axios, Sabtu.

“Israel memberi tahu Mesir bahwa mereka serius dalam persiapan melancarkan operasi di Rafah, dan tidak akan membiarkan Hamas melambat,” lanjutnya.

Sementara itu, sekutu dekat Israel, AS, yakin ada upaya baru dari Qatar dan Mesir untuk mencapai kesepakatan antara Hamas dan Israel.

Baca juga: Didesak 18 Negara, Hamas: Suruh Israel Berhenti Perang, Baru Sandera Bisa Dibebaskan

"Ada momentum baru dalam pembicaraan mengenai pelaksanaan kesepakatan pertukaran tahanan," kata Penasihat Keamanan Nasional Gedung Putih, Jake Sullivan, kemarin.

Ia tidak menyebutkan alasan optimismenya terhadap hal itu namun yakin Qatar dan Mesir sedang melakukan yang terbaik.

Sebelumnya, Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu bersikeras untuk melakukan serangan besar-besaran ke Rafah di Jalur Gaza selatan yang dianggap sebagai benteng terakhir Hamas.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini