News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Konflik Palestina Vs Israel

Usai Kontroversi Foto Bareng Presiden Israel, Akun IG Zainul Maarif Digembok, Kritik Pemboikotan

Penulis: Yohanes Liestyo Poerwoto
Editor: Garudea Prabawati
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Akun Instagram warga Nahdlatul Ulama (NU), Zainul Maarif digembok usai dirinya dan empat warga NU lainnya bertemu dengan Presiden Israel, Isaac Herzog. Foto tersebut pun dikecam oleh berbagai pihak termasuk oleh Ketua PBNU, Savic Ali. Dia menegaskan pertemuan itu bukan atas nama PBNU.

TRIBUNNEWS.COM - Foto bersama lima warga Nahdlatul Ulama (NU) bertemu Presiden Israel, Isaac Herzog memicu kontroversi di kalangan umat Islam di Indonesia, khususnya dalam lingkungan NU sendiri.

Adapun foto tersebut memicu kontroversi karena pada saat ini Israel dinilai sebagai pelanggar hak asasi manusia setelah menggempur habis-habisan Gaza.

Dalam foto kontroversial itu, salah satu warga NU yang berfoto adalah cendekiawan bernama Zainul Maarif.

Dia tampak berada di tengah dengan mengenakan jas berwarna abu-abu, berpeci hitam, dan bercelana hitam serta bersebelahan langsung dengan Isaac Herzog.

Bahkan, fotonya bersama dengan Isaac Herzog turut diunggahnya di akun Instagram pribadinya, @zenmaarif.

Selain itu, dalam takarir yang dituliskanya di unggahannya tersebut, Maarif mengakui bahwa dirinya dan empat warga NU lainnya menggelar pertemuan dengan Isaac Herzog.

Dia menuturkan adanya diskusi antara Herzog dan rombongan terkait konflik Hamas-Israel.

Maarif juga mengungkapkan bahwa pertemuan dengan Herzog turut membahas soal hubungan antara Indonesia-Israel.

Akun Instagram warga Nahdlatul Ulama (NU), Zainul Maarif digembok usai dirinya dan empat warga NU lainnya bertemu dengan Presiden Israel, Isaac Herzog. Foto tersebut pun dikecam oleh berbagai pihak termasuk oleh Ketua PBNU, Savic Ali. Dia menegaskan pertemuan itu bukan atas nama PBNU.

Baca juga: PBNU Sesalkan 5 Tokoh Nahdliyin Bertemu Presiden Israel Isaac Herzog, Siapkan Sanksi?

Ia pun turut mengkritik pemboikotan yang dilakukan oleh sejumlah pihak untuk mengecam tindakan penyerangan Israel ke Gaza.

"Saya bukan demonstran, melainkan filsuf agamawan. Alih-alih demonstrasi di jalanan dan melakukan pemboikotan, saya lebih suka berdiskusi dan mengungkapkan gagasan."

"Terkait konflik antara Hamas-Israel, dan relasi Indonesia-Israel, saya bersama rombongan berdialog langsung dengan Presiden Israel, Isaac Herzog (yang duduk dengan dasi biru) di Istana Sang Presiden. Semoga hasil terbaik yang dianugerahkan untuk kita semua," tulisnya dalam unggahan foto pertemuannya dengan Herzog.

Namun, pasca viralnya foto tersebut, akun Instagram Maarif langsung digembog.

Di sisi lain, selain Maarif, empat warga NU lain yang bertemu dengan Herzog adalah Gus Syukron Makmun, Dr. Zainul Maarif, Munawar Aziz, Nurul Bahrul Ulum, dan Izza Annafisah Dania.

PBNU Sebut Pertemuan dengan Presiden Israel Bukan atas Nama Organisasi

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini