News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Konflik Rusia Vs Ukraina

AS Luncurkan 24 Pengacau Satelit Canggih Luar Angkasa, Antisipasi Perang dengan China dan Rusia

Penulis: Hasanudin Aco
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Uji coba Terminal Modular Jarak Jauh (RMT), sistem baru pengacak satelit luar angkasa.

TRIBUNNEWS.COM, AS -  Militer Amerika Serikat (AS) berencana memasang pengacau satelit modular canggih di luar angkasa.

Pengacau Terminal Modular Jarak Jauh akan mampu mengganggu semua jenis komunikasi jika diperlukan, demikian menurut pernyataan Space Force kepada Bloomberg News.

Sinyal pengacau akan berbasis di darat  ini dilaporkan dirancang untuk menghalangi satelit mengirimkan informasi tentang pasukan AS selama konflik.

Rencana baru AS ini untuk mempertahankan diri terhadap kemungkinan serangan luar angkasa di masa depan dari Rusia dan China dengan memasang 24 pengacau satelit.

Mereka akan menargetkan komunikasi udara antara Rusia dan China dan akan mengganggu ancaman luar angkasa yang diajukan kedua negara terhadap AS.

Menurut Space.com pengacau satelit dikenal sebagai Remote Modular Terminal (RMT) dan seperti sinyal pengacau lainnya, dirancang untuk menolak, menurunkan kualitas atau mengganggu komunikasi dengan satelit di atas.

"Biasanya melalui kelebihan beban pada bagian tertentu dari spektrum elektromagnetik dengan interferensi," seperti dilansir, Kamis (25/7/2024).

Baca juga: Satu Persatu Senjata Presisi Canggih yang Dikirim AS ke Ukraina Dirontokkan Sistem Elektronik Rusia

Seorang Juru Bicara Kantor Kemampuan Cepat Angkatan Luar Angkasa (SFRCO)  kepada Bloomberg mengatakan terminal  tersebut adalah pengacau komunikasi satelit yang kecil, mudah dibawa, dan berbiaya rendah yang dapat digunakan di lingkungan yang sulit untuk melindungi (pasukan AS).

Mereka menambahkan sinyal pengacau itu bertanggung jawab menangkal kemampuan komunikasi satelit musuh yang memungkinkan terjadinya serangan.

Dipercaya bahwa pengacau satelit baru tersebut tidak akan menggantikan teknologi lama seperti Counter Communications System dan pengacau Meadowlands tetapi sebaliknya akan digunakan secara bersamaan.

Pengacau satelit dilaporkan lebih aman dan berisiko lebih rendah jika terjadi perang luar angkasa dan menurut SFRCO merupakan cara yang lebih 'bertanggung jawab' dalam menangani situasi yang mungkin terjadi

Direktur Utama Victoria Samson dari Secure World Foundation mengatakan "Anda dapat berargumen bahwa itu hanya akan digunakan secara defensif, tetapi saya akan mengatakan bahwa itu adalah kemampuan kontra-ruang angkasa yang ofensif,"

Ketegangan antara ketiga negara tetap berkobar dengan serangan berkelanjutan Rusia di Ukraina , yang menyebabkan Kementerian Pertahanan Rusia melaporkan pada hari Minggu 21 Juli bahwa mereka telah mencegat pesawat militer Amerika di wilayah udara mereka.

Apa itu Remote Modular Terminal (RMT)?

Remote Modular Terminal, atau RMT, adalah pengacau satelit berbasis darat.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini