News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

51 Kasus Virus Chandipura Terkonfirmasi di Gujarat India, Wilayah Paling Parah Terdampak

Penulis: tribunsolo
Editor: Tiara Shelavie
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Ilustrasi virus Chandipura yang mewabah di India

TRIBUNNEWS.COM – Kementerian Kesehatan India melaporkan setidaknya terdapat 51 kasus Virus Chandipura terkonfirmasi di Gujarat, India, Kamis (1/8/2024).

Virus yang menyerang otak tersebut dikonfirmasi telah menyerang warga di Gujarat, termasuk anak-anak.

Gujarat merupakan daerah yang terdampak paling parah, khususnya di Panchmahal dengan tujuh kematian dan Ahmedabad dengan enam kematian.

Mengutip Indian Express, wabah ini pertama kali melanda Gujarat pada bulan lalu ketika rumah sakit di sana mulai melaporkan kasus Sindrom Ensefalitis Akut (AES), yakni radang otak yang biasanya disebabkan oleh infeksi seperti demam berdarah, ensefalitis Jepang, dan lainnya.

Namun, perlu dicatat bahwa tidak semua pasien yang terkena AES terkena virus Chandipura.

Menurut data kementerian, sedikitnya 148 kasus AES dilaporkan pada bulan Juni dan Juli di empat negara bagian.

Dari 148 kasus AES, 140 kasus berasal dari Gujarat, sementara empat kasus dilaporkan dari Madhya Pradesh, tiga dari Rajasthan, dan satu dari Maharashtra.

Dari 148 kasus, 59 kasus telah meninggal, sehingga tingkat kematian hampir mencapai 40 persen.

Sementara itu, wabah AES yang menyerang Gujarat tersebut sebelumnya sudah mengalami penurunan jumlah kasus pada 19 Juli.

"Tren penurunan kasus baru AES yang dilaporkan setiap hari terlihat jelas sejak 19 Juli 2024," kata Direktur Jenderal Layanan Kesehatan, Dr. Atul Goel dalam tinjauan Kementerian Kesehatan.

Sebab Gujarat telah melakukan berbagai langkah kesehatan untuk memerangi wabah yang ditularkan oleh beberapa vektor, seperti lalat dan kutu tersebut.

Langkah-langkahnya meliputi penyemprotan insektisida, sosialisasi masyarakat, optimalisasi penanganan pertama oleh tenaga medis, dan rujukan kasus yang tepat waktu ke fasilitas kesehatan.

Baca juga: Korban Tewas dalam Bencana Longsor di Kerala India Capai 151 Orang, Ratusan Lainnya Masih Hilang

Dilansir NDTV, Tim Respon Wabah Gabungan Nasional (NJORT) juga telah dikerahkan untuk membantu Pemerintah Negara Bagian Gujarat dalam upaya tersebut.

Tim akan membantu menerapkan langkah-langkah kesehatan masyarakat dan melakukan investigasi epidemiologi terperinci terhadap wabah tersebut.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini