News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Konflik Palestina Vs Israel

Kantor PM Malaysia Panggil Meta untuk Jelaskan Mengapa Postingan tentang Ismail Haniyeh Dihapus

Penulis: Tiara Shelavie
Editor: Sri Juliati
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Postingan Perdana Menteri Malaysia Anwar Ibrahim tentang Ismail Haniyeh

TRIBUNNEWS.COM - Kantor Perdana Menteri Malaysia memanggil perwakilan Meta Platforms Inc (Meta) hari ini, Senin (5/8/2024) untuk menjelaskan penghapusan konten terkait isu Palestina dari akun media sosial PM Anwar Ibrahim.

Menurut sumber yang diperoleh NST, Meta dituntut memberikan penjelasan mengapa konten terkait pembunuhan kepala Biro Politik Hamas Ismail Haniyeh, dihapus dan diblokir di platform Facebook dan Instagram milik Perdana Menteri.

Pertemuan antara perwakilan Meta dan kantor perdana menteri diperkirakan berlangsung pada siang hari waktu setempat.

Pada 31 Juli lalu, setelah kabar kematian Ismail Haniyeh meluas, Anwar Ibrahim menyatakan kecamannya atas pembunuhan tersebut.

Anwar menyertakan rekaman video panggilan teleponnya dengan seorang pejabat Hamas yang menyampaikan belasungkawa atas kematian Haniyeh.

Namun postingan itu tiba-tiba di-takedown oleh Facebook.

Anwar pun marah karena postingannya hilang.

“Biarkan ini menjadi pesan yang jelas dan tegas kepada Meta: Hentikan sikap pengecut ini,” tulis Anwar di halaman Facebook-nya setelah unggahannya dihapus.

Unggahan Perdana Menteri Malaysia Anwar Ibrahim kepada Ismail Haniyeh yang dihapus leh Facebook (facebook.com/anwaribrahimofficial)

Anwar sebelumnya pernah bertemu dengan Haniyeh di Qatar.

Anwar menegaskan bahwa meskipun memiliki hubungan yang kuat dengan Haniyeh, ia tidak memiliki hubungan apa pun dengan operasi militer Hamas.

Selain meminta penjelasan tentang konten Ismail Haniyeh, kantor perdana menteri juga berupaya mencari klarifikasi atas gangguan yang dilaporkan terjadi selama siaran langsung di Facebook pada aksi unjuk rasa Himpunan Pembebasan Palestina di Stadion Axiata Arena, Bukit Jalil pada hari Minggu (4/8/2024).

Baca juga: Ucapan Duka Anwar Ibrahim ke Ismail Haniyeh Dihapus Facebook dan Instagram, Meta Diamuk Malaysia

Pertemuan yang dihadiri lebih dari 15.000 orang itu dilakukan untuk menyatakan dukungan Malaysia kepada rakyat Palestina.

Sejarah Penyensoran Konten Palestina-Hamas di Facebook, Bukan Pertama Kali Konten Ismail Haniyeh Dihapus

Dilansir Firstpost, Malaysia sering kali berselisih dengan kebijakan moderasi konten Meta.

Beberapa bulan lalu, tepatnya pada tanggal 15 Mei, Menteri Komunikasi Malaysia Fahmi Fadzil mengungkapkan kemarahannya pada Meta karena menghapus unggahan Facebook oleh media lokal yang meliput pertemuan Anwar dengan Haniyeh di Qatar.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini