News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Konflik Palestina Vs Israel

Meta Minta Maaf dan Pulihkan Unggahan Belasungkawa PM Malaysia atas Pembunuhan Ismail Haniyeh

Penulis: Andari Wulan Nugrahani
Editor: Tiara Shelavie
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Perdana Menteri Malaysia Anwar Ibrahim dalam suasana yang akrab saat bertemu dengan pemimpin Hamas Ismail Haniyeh di Qatar. - Meta Platforms meminta maaf karena menghapus konten dari akun Facebook dan Instagram Perdana Menteri Malaysia Anwar Ibrahim terkait dengan pembunuhan pemimpin Hamas Ismail Haniyeh minggu lalu. (Foto: Facebook/Anwar Ibrahim)

TRIBUNNEWS.COM - Meta Platforms meminta maaf karena menghapus konten yang dibagikan oleh akun Facebook dan Instagram Perdana Menteri Malaysia Anwar Ibrahim terkait dengan pembunuhan pemimpin Hamas Ismail Haniyeh minggu lalu.

"Kami mohon maaf atas kesalahan operasional di mana konten dari Halaman Facebook dan Instagram Perdana Menteri dihapus, dan konten tersebut telah dipulihkan dengan label berita yang benar," kata Juru Bicara Meta kepada kantor berita Reuters.

Unggahan dukacita Perdana Menteri Malaysia, Datuk Seri Anwar Ibrahim terkait meninggalnya Ismail Haniyeh dihapus secara sepihak oleh Facebook pada Rabu (31/7/2024).

Selang sehari, Anwar Ibrahim pun mengecam tindakan penghapusan ungkapan belasungkawa kepada Pemimpin Hamas tersebut .

Ia menuduh Meta telah melakukan tindakan pengecut setelah postingan Facebook-nya mengenai pembunuhan pemimpin Hamas, Ismail Haniyeh, dihapus.

"Meta sekali lagi bertindak biadab dan telah menghina perjuangan rakyat Palestina karena mereka menurunkan unggahan video serta ucapan takziah dan kritikan terhadap pembunuhan Almarhum Ismail Haniyeh yang saya unggah" ungkap Anwar Ibrahim melalui akun Facebook resminya.

"Sungguh tidak masuk akal apabila ucapan belasungkawa untuk menghormati seorang pejuang yang berusaha memerdekakan tanah airnya daripada kezaliman dan penderitaan dianggap sebagai pesan yang berbahaya."

"Peringatan tegas saya terhadap Meta - jangan mau jadi pengecut dan mau jadi budak rezim zalim Zionis Israel!," tegas Anwar Ibrahim dalam unggahannya tersebut.

Anggota Kantor Perdana Menteri dan Menteri Komunikasi Malaysia bertemu dengan perwakilan Meta pada hari Senin (6/8/2024), menuntut penjelasan mengapa postingan Anwar Ibrahim yang menyatakan belasungkawa setelah pembunuhan Haniyeh, dihapus.

Kantor Perdana Menteri mengatakan tindakan perusahaan media sosial itu “diskriminatif, tidak adil, dan merupakan penindasan terang-terangan terhadap kebebasan berekspresi”.

Raksasa media sosial Amerika Serikat itu menetapkan Hamas, gerakan Islam Palestina yang memerintah Gaza, sebagai "organisasi berbahaya" dan melarang konten yang memuji kelompok itu.

Baca juga: Ucapan Duka Anwar Ibrahim ke Ismail Haniyeh Dihapus Facebook dan Instagram, Meta Diamuk Malaysia

Perusahaan itu menggunakan gabungan deteksi otomatis dan peninjauan manusia untuk menghapus atau memberi label pada visual grafis.

Anwar sendiri mengunggah rekaman video percakapan teleponnya dengan seorang pejabat Hamas di Facebook dan Instagram pada 31 Juli untuk menyampaikan belasungkawa atas kematian Haniyeh.

Ia juga mengunggah foto dari pertemuan terakhirnya dengan Haniyeh di Qatar pada bulan Mei, disertai pesan belasungkawa.

Kali kedua perselisihan Meta-Malaysia

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini