News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Konflik Palestina Vs Israel

Erdogan Teriak Boikot dan Ancam Serbu Israel, Pangkalan IDF Ditenagai Pembangkit Milik Turki

Penulis: Hasiolan Eko P Gultom
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Pemukim Israel berdiri di pantai di depan pembangkit listrik tenaga batu bara di Ashkelon.

Erdogan Teriak Boikot dan Ancam Serbu Israel, Pangkalan IDF Ditenagai Pembangkit Milik Turki

TRIBUNNEWS.COM - Di tengah perintah boikot Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan terhadap barang-barang Israel dan ancaman invasi ke negara pendudukan tersebut, Kementerian Pertahanan Israel dikabarkan justru telah memperpanjang kontrak dengan Dorad Energy.

Dorad Energy adalah sebuah perusahaan pembangkit listrik yang memasok listrik ke pangkalan militer Israel, IDF, media Israel melaporkan.

Baca juga: Bak Duduk di Tong Peledak, Warga Haifa Cemas Pabrik Petrokimia Israel Potensial Dibom Iran-Hizbullah

Jerusalem Post dalam laporannya, Jumat (9/8/2024) melansir,  kepemilikan Dorad Energy sebanyak 25 persen dimiliki oleh seorang pengusaha Turki yang dekat dengan Erdogan.

Seperti diketahui, pada akhir April, Erdogan memberlakukan boikot terhadap ekspor dan impor Israel menyusul berlarutnya Perang Genosida Israel di Gaza.

Menanggapi hal tersebut, Menteri Luar Negeri Israel Katz mengecam Erdogan, dengan menyatakan,

“Kami tidak akan menyerah pada pemerasan dan ancaman Erdogan. Ekonomi Israel lebih kuat daripada seorang diktator seperti Erdogan, yang melanggar perjanjian dan bertindak untuk melayani Hamas.”

Meskipun ada pernyataan keras tersebut, pemerintah Israel terus membiarkan dana yang besar mengalir dari Kementerian Pertahanan Israel ke Zorlu Holding, konglomerasi Turki yang diketuai oleh Ahmet Nazif Zorlu.

Konglomerasi yang berkantor pusat di Istanbul ini merupakan mitra Dorad Energy, yang telah memasok listrik ke IDF dan Kementerian Pertahanan sejak 2004.

Pemukim Israel berdiri di pantai di depan pembangkit listrik tenaga batu bara di Ashkelon.

Satu di Antara Pembangkit Listrik Terbesar di Israel

Dorad, salah satu pembangkit listrik terbesar di Israel, yang terletak di sebelah selatan Ashkelon, beroperasi dengan menggunakan gas alam dan solar.

Negara Israel memegang 37,5 persen saham di pembangkit tersebut melalui Kinet, yang sekarang dikenal sebagai Staa.

Saat Menteri Keuangan Bezalel Smotrich menyerukan tarif 100 persen untuk impor Turki, Zorlu Holding terus mendapatkan keuntungan dari keterlibatannya dalam infrastruktur energi Israel.

"Pada bulan Juli, hanya dua setengah bulan setelah boikot Erdogan dimulai, dewan direksi Dorad, termasuk perwakilan Zorlu, dengan suara bulat menyetujui pembaruan perjanjian untuk memasok listrik ke pangkalan IDF," tulis laporan Jerusalem Post.

Pada saat yang sama, muncul pertanyaan tentang kelayakan mengizinkan perusahaan Turki untuk mempertahankan saham di fasilitas infrastruktur penting Israel, terutama yang secara langsung mendukung IDF.

Halaman
123
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini