News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Aksi demonstrasi memanas, mengapa Garuda Pancasila digunakan dalam 'peringatan darurat Indonesia'?

AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Aksi demonstrasi memanas, mengapa Garuda Pancasila digunakan dalam 'peringatan darurat Indonesia'?

Lambang Garuda Pancasila dengan latar belakang biru dengan tulisan putih ‘PERINGATAN DARURAT’ atau ‘RI-00’ ramai beredar di media sosial usai pembahasan revisi Undang-Undang (UU) Pilkada di parlemen. Di Jakarta dan beberapa daerah, muncul konsolidasi untuk melancarkan protes menolak revisi UU Pilkada.

Hingga Kamis (22/08) petang, massa masih melakukan aksi di luar gedung Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) di Jakarta. Sebagian pagar gedung DPR jebol oleh massa aksi yang menolak RUU Pilkada ketika mencoba masuk ke kompleks parlemen.

Situasi memanas ketika pengunjuk rasa menerobos kompleks dan polisi berusaha membubarkan massa dengan gas air mata dan meriam air. Sekitar 3.000 personel polisi dikerahkan untuk mengamankan protes tersebut.

Di sejumlah daerah, seperti di Semarang, Jawa Tengah, demonstrasi berujung dengan kericuhan.

Dalam 24 jam terakhir, ‘peringatan darurat indonesia’ menjadi tren di jagat maya dengan volume pencarian mencapai lebih dari 200.000.

Lambang negara itu viral setelah diunggah sejumlah influencer atau pemengaruh di jejaring sosial seperti X (sebelumnya Twitter) dan Instagram. Mereka serentak memprotes tindakan DPR yang oleh para pakar dianggap sebagai “pembegalan atau pembangkangan” terhadap konstitusi.

Seperti diketahui, delapan dari sembilan fraksi di DPR sepakat untuk hanya menerapkan sebagian putusan Mahkamah Konstitusi (MK) terkait syarat pencalonan kepala daerah pada rancangan perubahan UU Pilkada.

Padahal, putusan MK yang dikeluarkan sehari sebelumnya disambut baik berbagai pengamat karena mengubah konstelasi politik menjelang Pilkada 2024 yang sebelumnya dinilai pakar tidak berimbang dengan munculnya koalisi-koalisi ‘gemuk’.

Garuda Pancasila dengan tulisan 'Peringatan Darurat' telah diadopsi oleh sejumlah pengguna media sosial sebagai simbol perlawanan. Di dunia maya, sejumlah aktivis berkonsolidasi untuk mengadakan unjuk rasa di lapangan pada Rabu (21/08) petang.

Di Jakarta dan beberapa daerah, muncul konsolidasi untuk melancarkan protes ke Senayan.

Dari mana asal muasal ilustrasi lambang burung Garuda dan bagaimana ini menjadi ikon upaya memprotes aksi DPR?

Dari mana simbol Garuda Pancasila berasal?

Berdasarkan penelusuran di media sosial, gambar itu merupakan tangkapan layar dari berbagai unggahan video Emergency Alert System (EAS) Indonesia Concept. EAS Indonesia Concept pada awal Desember 2022 mengunggah beberapa film pendek analog dengan genre horor dengan menggunakan emergency alert system atau sistem peringatan dini sebagai benang merah.

Dalam karya fiksi mereka, lambang Garuda Pancasila berlatar biru merupakan siaran darurat dari pemerintah ketika muncul ‘entitas asing’ yang membajak negara.

Halaman
1234
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini