News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Superyacht Miliarder Inggris Tenggelam di Sisilia, Bos Kapal Heran Kru Tak Bisa Antisipasi Badai

Penulis: Choirul Arifin
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Spesifikasi superyacht Bayesian yang tenggelam di perairan Sisilia pada Senin, 19 Agistus 2024 dan menewaskan miliarder Inggris, Mike Lynch, dan putrinya, Hannah, serta sejumlah kolega Mike Lynch.

TRIBUNNEWS.COM - Peristiwa tenggelamnya kapal super mewah alias superyacht Bayesian d perairan Sisilia, Italia, dan menewaskan miliarder Inggris, Mike Lynch dan putrinya, Hannah, serta sejumlah kolega sang miliarder benar-benar mengherankan.

Giovanni Costantino, seorang bos perusahaan kapal yang memproduksi dan menjual superyacht seperti Bayesian - mengatakan, kapal-kapal mewah seperti Bayesian yang tenggelam di Sisilia dirancang "benar-benar aman."

Menurut dia, jika superyacht Bayesian sampai bisa tenggelam, dia menduga hal itu kemungkinan besar karena faktor human error alias kekeliruan kapten kapal dan kru kapal dalam mengoperasikan superyacht tersebut.

Misalnya, Givanni heran, mengapa kapten dan kru kapal tidak bisa mengantisipasi akan datangnya badai yang kemudian menenggelamkan superyach tersebut.

Sementara, faktanya, superyacht tersebut sudah dilengkapi dengan teknologi navigasi dan prediksi cuaca canggih.

Giovanni Costantino sehari-harinya adalah CEO The Italian Sea Group, perusahaan pembuat kapal Perini.

Inilah superyacht Bayesian yang tenggelam di perairan Sisilia pada Senin, 19 Agistus 2024 dan menewaskan miliarder Inggris, Mike Lynch, dan putrinya, Hannah, serta sejumlah kolega Mike Lynch.

Dalam wawancara dengan Sky News dia bilang kapal tersebut "benar-benar aman", dan menunjukkan bahwa kesalahan manusia adalah penyebab tenggelam dan hancurnya kapal tersebut saat dihajar badai.

Dia mengatakan, "peristiwa" yang menenggelamkan kapal pesiar mewah berbendera Inggris di lepas pantai Porticello, Sisilia, pada hari Senin lalu tersebut sebenarnya bisa diatasi "dengan perhatian yang cukup".

Baca juga: Mayat Miliarder Inggris Mike Lynch dan Putrinya Ditemukan di Reruntuhan Superyacht yang Tenggelam

“Ada serangkaian operasi yang menyoroti serangkaian kejadian negatif yang dikelola secara negatif di kapal,” kata dia.

“Yang pertama adalah mengapa kapal dan awak kapal tidak dalam keadaan waspada, mengingat badai dari grafik cuaca yang dapat dibaca semua orang dan khususnya harus dibaca oleh penjaga anjungan kapal, kejadian tersebut benar-benar dapat dibaca dan diharapkan," tuturnya.

Penampakan superyacht Bayesian yang tenggelam di perairan Sisilia pada Senin, 19 Agistus 2024 dan menewaskan miliarder Inggris, Mike Lynch, dan putrinya, Hannah, serta sejumlah kolega Mike Lynch.

Dia mengatakan awak kapal pesiar seharusnya berada dalam kondisi "manajemen waspada", yang berarti semua orang di kapal harus berada di ruang tunggu utama, yang merupakan titik berkumpul, bukan di kabin mereka.

Seharusnya tidak ada seorang pun di dek, sementara kapten James Cutfield seharusnya berada di dalam dengan mesin untuk mengendalikan kapal, katanya.

“Kapal, baik lambung maupun quarterdeck, semua bukaannya harusnya ditutup,” imbuhnya.

Baca juga: Taipan Inggris Mike Lynch Belum Ditemukan Setelah Superyacht yang Ditumpanginya Tenggelam di Sisilia

Tidak ada penjelasan resmi mengapa kapal tersebut tenggelam ketika angin kencang menerjang daerah tersebut dalam semalam dan laporan terjadinya puting beliung, yaitu seperti tornado yang terbentuk di atas air.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini