News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Konflik Palestina Vs Israel

Mogok Kerja Nasional Lumpuhkan Perekonomian Israel, Massa Marah Mau Goyang Netanyahu

Penulis: Hasiolan Eko P Gultom
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Puluhan ribu warga Israel berdemonstrasi Minggu (1/9/2024) malam ini di Tel Aviv untuk memprotes langkah pemerintah Netanyahu yang menunda kesepakatan penyanderaan Gaza

Mogok Kerja Nasional Lumpuhkan Perekonomian Israel, Massa Marah Mau Goyang Netanyahu

TRIBUNNEWS.COM - Mogok kerja nasional pertama Israel sejak serangan Hamas pada 7 Oktober sedang berlangsung, di tengah kemarahan publik yang meluas atas penanganan pemerintah terhadap perang di Gaza setelah ditemukannya jasad enam sandera pada akhir pekan lalu di Rafah, Gaza Selatan.

Serikat pekerja terbesar Israel, Histadrut, memerintahkan mogok kerja umum nasional mulai pukul 6 pagi pada Senin (2/9/2024) yang diperkirakan akan menghentikan sebagian besar perekonomian Israel.

Baca juga: Media Israel: Enam Sandera yang Jasadnya Ditemukan, Mati Lemas Karena Gas Serangan IDF di Terowongan

Kantor pemerintah dan kotamadya akan ditutup, begitu pula sekolah dan banyak bisnis swasta.

Bandara internasional Israel, Ben Gurion, dilaporkan tutup pada pukul 8 pagi waktu setempat (6 pagi BST) selama dua jam.

Baca juga: Serangan Iran Tak Terduga, Bandara Ben Gurion di Tel Aviv Sepi, Maskapai Ogah Terbang ke Israel

Ketua Histadrut, Arnon Bar-David, mengatakan dalam sebuah pernyataan: "Saya sampai pada kesimpulan bahwa hanya intervensi kita yang dapat mengguncang mereka yang perlu diguncang.

“Kesepakatan tidak berjalan karena pertimbangan politik dan ini tidak dapat diterima.”

Pihak yang dimaksud untuk digoyang adalah rezim pemerintahan perdana menteri Benjamin Netanyahu yang dianggap menghancurkan kesepakatan negosiasi pertukaran sandera dengan Hamas.

Baca juga: Panglima Perang Israel dan Bos Mossad Keberatan Prajurit IDF Tetap Bertahan di Koridor Philadelphia

Ribuan pengunjuk rasa mengangkat bendera dan plakat selama unjuk rasa antipemerintah yang menyerukan pembebasan warga Israel yang disandera oleh militan Palestina di Gaza sejak Oktober, di Tel Aviv pada 1 September 2024. - Keluarga sandera Israel telah menyerukan pemogokan umum nasional yang dimulai pada malam 1 September untuk memaksa pemerintah mencapai kesepakatan guna mengamankan pembebasan tawanan yang masih ditawan di Gaza. (Photo by JACK GUEZ / AFP) (AFP/JACK GUEZ)

Kematian sandera Israel belakangan terbukti  menambah tekanan pada Netanyahu untuk menyetujui gencatan senjata Gaza

Wali kota Tel Aviv dan Givatayim di dekatnya mengumumkan bahwa kotamadya akan mogok pada hari Senin untuk menuntut pengembalian para sandera, dan lebih banyak lagi yang diperkirakan akan mengikuti.

Aksi tersebut dilakukan setelah puluhan ribu warga Israel turun ke jalan pada Minggu malam, menutup jalan raya Ayalon, jalan tol yang melintasi jantung kota Tel Aviv, dan menyalakan api di jalan-jalan.

Beberapa lusin petugas polisi mencoba menahan protes tersebut tetapi tidak dapat memukulnya kembali. Media lokal melaporkan bahwa 29 orang telah ditangkap.

Serikat pekerja menyerukan pemogokan setelah kelompok kampanye Forum Sandera dan Keluarga Hilang mendukung gagasan tersebut untuk memaksa pemerintah mencapai kesepakatan untuk pengembalian para sandera yang tersisa yang diambil selama serangan Hamas pada 7 Oktober. Pemimpin oposisi Israel Yair Lapid juga mendukung langkah tersebut.

"Jika bukan karena penundaan, sabotase, dan alasan" dalam upaya mediasi selama berbulan-bulan, keenam sandera "kemungkinan masih hidup", kata pernyataan dari kelompok tersebut, mengacu pada penemuan Carmel Gat, Hersh Goldberg-Polin, Eden Yerushalmi, Alexander Lobanov, Almog Sarusi, dan Ori Danino di terowongan "puluhan meter" di bawah tanah selama pertempuran di Rafah, Gaza selatan.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini