News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Konflik Palestina Vs Israel

Media Inggris: Pembebasan Nelson Mandela Palestina Bisa Akhiri Perang Gaza

Penulis: Hasiolan Eko P Gultom
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Seorang pria mengangkat plakat yang menampilkan pemimpin Fatah Marwan Barghouti yang dipenjara, di luar markas besar Komite Palang Merah Internasional di kota Ramallah di Tepi Barat yang diduduki, pada 2 Agustus 2022.

Media Inggris: Pembebasan Nelson Mandela Palestina Bisa Akhiri Perang Gaza
 
TRIBUNNEWS.COM - Surat kabar dengan jumlah pembaca terbesar di Inggris, Sunday Times melakukan wawancara dengan Arab Barghouti, putra tahanan politik terkemuka Palestina, Marwan Barghouti, yang ditahan oleh Israel.

Dalam wawancara yang dilakukan jurnalis dan koresponden media tersebut, Christina Lamb, putra Marwan Barghouti berbicara tentang ketakutan keluarganya kalau tentara Israel akan membunuh ayahnya.

 Christina Lamb mengatakan, dia melakukan pertemuan dengan orang-orang Arab di Ramallah di Tepi Barat yang diduduki, yang telah mengalami suasana tegang sejak penangkapan ayahnya pada tahun 2002 saat terjadinya Intifada kedua Palestina.

Baca juga: Tak Ada Terowongan, Kenapa Tentara Israel Ambruk Juga Lawan Milisi Palestina di Jenin Tepi Barat?

Dia menyatakan kalau pertemuan itu terjadi ketika pemukim Yahudi meningkatkan aksi kekerasan di seluruh Tepi Barat.

Belakangan Pasukan Israel melancarkan serangan dan serangan udara dalam operasi terbesar di sana dalam 20 tahun dalam sebuah operasi militer skala besar dalam sepekan belakangan.

Arab (33 tahun) berbicara kepada surat kabar tersebut, mengatakan kalau ayahnya “masih menjadi orang yang memberi harapan,” menggambarkan kekuatan besar yang dimiliki ayahnya terletak pada kemampuannya untuk mempersatukan rakyat Palestina.

"Kami mendambakan persatuan. Perpecahan ini sangat merugikan,” kata Arab kepada media tersebut, dikutip Khaberni, Senin (2/9/2024)

Mengutip perbandingan yang dibuat dengan sosok Nelson Mandela, Arab menambahkan:

“Barat ingin meningkatkan reputasi Mandela sebagai orang yang cinta damai yang tujuannya adalah perdamaian, namun ia bersedia melakukan perjuangan bersenjata untuk mendapatkan hak-hak rakyat Afrika Selatan, dan hak-hak mereka. Ayah saya juga tidak berbeda.”

Arab menggambarkan apa yang terjadi di Tepi Barat sebagai “situasi terburuk,” dengan mengatakan, “Mereka ingin mengurangi jumlah kami, dan agar kami hidup sebagai minoritas di lingkungan miskin, dan agar kami merasa bahwa kami tidak memiliki tanah air, dan untuk mengintimidasi kami."

Dia melanjutkan: "Pemerintah Israel mengeksploitasi keasyikan (dunia) dengan genosida di Gaza untuk melakukan apapun yang mereka inginkan di Tepi Barat."

Christina Lamb menggambarkan Barghouti sebagai politisi paling populer di kalangan warga Palestina, yang menganggapnya sebagai Nelson Mandela dari Palestina, karena ia berada di puncak daftar tahanan yang dapat dibebaskan dengan imbalan sekitar 108 tahanan Israel di Jalur Gaza, sebagai bagian dari negosiasi untuk mencapai gencatan senjata.

Negara-negara Barat telah mendorong dimasukkannya Barghouti dalam setiap kemungkinan pertukaran tahanan, karena mereka melihatnya sebagai satu-satunya warga Palestina yang mampu menyatukan faksi-faksi Palestina dan membantu menyelesaikan “krisis” yang terjadi di Tepi Barat dan Jalur Gaza yang diduduki.

Surat kabar tersebut mengutip seorang diplomat Barat – yang namanya tidak disebutkan – yang menggambarkan Barghouti sebagai “tahanan politik paling penting di dunia saat ini.”

Halaman
123
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini