News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Konflik Palestina Vs Israel

Daftar Negara yang Batasi Kirim Senjata, dan Negara-negara yang Jor-joran Kirim Senjata ke Israel

Penulis: Muhammad Barir
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Para pengunjuk rasa memegang tanda dan berbaris selama demonstrasi pro-Palestina di Orlando, Florida, sabtu (11 Mei 2024). (Giorgio VIERA/AFP)

Daftar Negara yang Batasi Kirim Senjata ke Israel, dan Negara-negara yang Jor-joran Kirim Senjata

TRIBUNNEWS.COM- Negara-negara yang membatasi dan mempersenjatai senjata untuk Israel: Penjelasan

Penjelasan ini memberikan ringkasan singkat tentang negara-negara Barat yang telah membatasi atau melarang ekspor senjata mereka ke Israel, sambil menyoroti pemerintah yang terus terlibat dalam genosida pendudukan yang sedang berlangsung di Gaza.

Selama 11 bulan terakhir, Israel telah melakukan genosida di Gaza, menewaskan lebih dari 40.000 warga Palestina . Pada dasarnya, pendudukan tersebut sangat bergantung pada bantuan keuangan dan militer asing untuk mendanai agresi yang sedang berlangsung, terutama dalam hal persenjataan.

Beberapa negara telah memasok senjata untuk pendudukan.

Namun, seiring genosida di Jalur Gaza terus berlanjut, beberapa pemerintah secara bertahap mengubah pendirian mereka dengan menerapkan pembatasan atau melarang penjualan senjata ke Israel selama agresinya di Gaza.

Negara-negara Barat yang telah melarang atau membatasi penjualan senjata:

 

Inggris

Inggris adalah negara terbaru yang memberlakukan pembatasan penjualan senjata ke "Israel," dengan Menteri Luar Negeri David Lammy mengumumkan pada hari Senin penangguhan 30 dari 350 lisensi senjata yang ada.

Diplomat tersebut mengaitkan penghentian tersebut dengan investigasi internal selama dua bulan, yang mengungkap bahwa pendudukan tidak memenuhi tugasnya untuk menjamin bantuan kemanusiaan demi “kelangsungan hidup penduduk Gaza.”

Namun, keputusan tersebut dikritik oleh kelompok hak asasi manusia karena mengecualikan suku cadang buatan Inggris untuk jet canggih F-35 yang saat ini digunakan oleh Israel.

Hannah Bond, salah satu CEO ActionAid UK, merupakan salah satu pihak yang menuntut pemerintah Inggris menghentikan semua lisensi senjata baru dan yang sudah ada untuk Israel, dengan alasan bahwa Inggris berisiko "terlibat" dalam kekejaman yang terjadi setiap hari di Gaza.

"Kini bukan saatnya untuk mengambil tindakan setengah-setengah: jika pemerintah Inggris yakin militer Israel mungkin melanggar hukum humaniter internasional di Gaza, maka mereka harus bertindak lebih jauh lagi dan menghentikan semua lisensi senjata baru dan yang sudah ada kepada pemerintah Israel dengan segera," kata Bond dalam sebuah pernyataan.

"Sampai hal itu terjadi, Inggris masih berisiko terlibat dalam kekejaman yang terjadi di Gaza setiap hari. Setelah 11 bulan penuh kengerian, sudah saatnya bagi Inggris untuk memberikan tekanan maksimal kepada pemerintah Israel untuk mengamankan gencatan senjata permanen dan pembebasan para sandera – dan akhirnya mengakhiri mimpi buruk ini," tambahnya.

Italia

Pada tanggal 20 Januari, Wakil Perdana Menteri Italia sekaligus Menteri Luar Negeri Antonio Tajani mengungkapkan bahwa Italia telah menghentikan pasokan senjatanya ke wilayah pendudukan Israel setelah perang di Gaza dimulai. Sejak keputusan tersebut, pemerintah mengakui bahwa mereka mematuhi kesepakatan yang telah ditandatangani sebelumnya dengan rezim tersebut.

Lembaga amal penelitian Action on Armed Violence yang berbasis di Inggris melaporkan bahwa Italia adalah pemasok peralatan militer terbesar ketiga bagi Israel. Akan tetapi, meskipun demikian, negara Eropa tersebut hanya menyumbang kurang dari 1 persen dari keseluruhan impor senjata Israel.


Spanyol

Halaman
1234
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini